Cara Menghapus Cache di HP Samsung, Dijamin Anti Ngelag!

Jum'at, 03 Juni 2022 - 17:51 WIB
loading...
Cara Menghapus Cache di HP Samsung, Dijamin Anti Ngelag!
Cara menghapus cache di HP Samsung bisa dilakukan lewat beberapa cara. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara menghapus cache di HP Samsung ternyata cukup mudah. Sebab, Samsung memang memanjakan pengguna ponsel Galaxy dengan beberapa fitur di sistem operasi mereka supaya lebih mudah untuk membersihkan cache, menghapus file, membuat ponsel lebih gegas, serta membuat performa tetap terjaga.

Apa sebenarnya cache, dan mengapa harus dibersihkan? Cache merupakan data sementara. Asalnya, dari aplikasi yang digunakan sehari-hari. Cache itu tersimpan di memori internal ponsel Android. Data-data cache ini penting juga, sebab bisa meningkatkan kecepatan proses dalam sebuah sistem aplikasi. Sehingga, mereka tidak harus membuat data serupa berulang kali.

Meski demikian, semakin banyak proses yang dilakukan oleh sistem atau aplikasi, maka data cache yang tersimpan di memori ponsel juga akan semakin menumpuk. Apalagi, jika pengguna memakai banyak aplikasi. Maka, data-data tersebut malah akan membebani perangkat Samsung Galaxy sehingga jadi lemot.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung
Cara Menghapus Cache di HP Samsung, Dijamin Anti Ngelag!

Cara termudah adalah memanfaatkan fitur Device Care yang jadi aplikasi bawaan Samsung. Langkahnya sederhana kok.

Masuk ke Settings > opsi Device Care > Storage. Lalu, ketuk tombol Clean Now. Maka otomatis ponsel akan membersihkan cache, dan membuat performa jadi lebih gegas.

Cara lain untuk memastikan tidak ada cache yang tertinggal, adalah membersihkan cache di setiap aplikasi satu persatu. Dengan cara ini, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang dibersihkan cachenya.

Caranya, masuk ke “Settings” atau “Pengaturan”.



Pilih opsi “Apps”. Lalu, pilih aplikasi Android yang ingin dibersihkan data cache-nya. Untuk menghapus cache aplikasi, tinggal pilih tombol “Clear Cache”. Maka, secara otomatis data cache aplikasi yang terpilih sebelumnya akan bersih.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)