Aplikasi Buatan Rusia Terbesar, Sering Viral tapi Dianggap Tidak Aman

Jum'at, 03 Juni 2022 - 09:24 WIB
loading...
Aplikasi Buatan Rusia Terbesar, Sering Viral tapi Dianggap Tidak Aman
Aplikasi buatan Rusia sering viral secara global namun dipertanyakan soal keamanannya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Aplikasi buatan Rusia di Google Play dan Apple App Store ternyata sangat banyak dan beragam. Sebab, Rusia adalah salah satu pasar aplikasi mobile terbesar di dunia, dengan populasi mencapai 150 juta.

Selain itu, industri teknologi di Rusia juga berkembang lewat konektivitas yang murah serta ponsel harga terjangkau. Karena itu, developer, penerbit game, serta pengiklan di Rusia juga berkembang pesat.

Pada 2022, ada lebih dari 7.500 developer di Google Play dari total 900.000 di seluruh dunia. Sementara ada 38.500 aplikasi buatan Rusia di Google Play, dari 2,9 juta aplikasi yang ada. Aplikasi buatan Rusia juga sering viral.

Meski demikian, beberapa aplikasi viral dari Rusia sering bersinggungan dengan keamanan. Contohnya, aplikasi FaceApp yang pernah viral pada 2017 disebut FBI sebagai ancaman siber. Alasannya, karena foto dan data yang disimpan oleh FaceApp berpotensi disalahgunakan.

Tidak hanya FaceApp, aplikasi foto buatan Rusia lainnya New Profile Pic juga disebut berpotensi bisa disalahgunakan. ”Aplikasi foto seperti ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan data pribadi dan foto pengguna dalam resolusi tinggi,” ujar Jake Moore, Global Cybersecurity Advisor di ESET Internet Security.

Developer aplikasi New Profile Pic, Linerock Investments Ltd, mengaku hanya terdaftar di Rusia, tapi sebenarnya berkantor di Inggris. Alasan terdaftar di Rusia karena pengguna terbesar mereka ada di Rusia, Ukraina, dan Belarus. Nah, berikut adalah 10 aplikasi buatan Rusia dan sangat populer di negara tersebut:

1. Yandex
Yandex adalah developer terbesar di Rusia. Secara total, mereka memiliki 48 aplikasi yang telah diunduh hingga lebih dari 1 miliar kali. Yandex bisa disebut sebagai Google-nya Rusia, karena memiliki aplikasi vital seperti mesin pencari, pemetaan, email, aplikasi iklan, dan lainnya.

2 VK.com
VK adalah layanan media sosial dan jejaring sosial Rusia yang berbasis di Saint Petersburg. Produk mereka tersedia dalam berbagai bahasa. VK didirikan pada 2006, dengan produk seperti VK Admin, VK Live, VK Me, dan banyak lagi. Mereka memiliki 14 aplikasi yang diunduh lebih dari 504,8 juta kali.

3 Odnoklassniki Ltd
Odnoklassniki Ltd adalah jejaring sosial yang sangat populer di Rusia dan negara-negara bekas Soviet. Perusahaan ini diluncurkan pada 2006. Odnoklassniki Ltd telah mengembangkan dan menerbitkan aplikasi OK, TamTam Messenger (obrolan & panggilan video gratis), OK Live (streaming ), OK Video (siaran langsung 4K, film, acara TV). Mereka memiliki 6 aplikasi yang diunduh lebih dari 246,6 juta kali.

4. ZDevs
ZDevs berada di posisi 4 penerbit aplikasi terbesar Rusia. ZDevs membuat program untuk manajemen arsip. Mereka menawarkan antarmuka fungsional sederhana yang memungkinkan pengguna bekerja dengan berbagai jenis arsip, termasuk: 7zip, zip, bz2, gz2, tar, dan lainnya. Mereka memiliki 6 aplikasi yang telah diunduh lebih dari 230,95 juta kali.



5 Mail.Ru Group
Mail.Ru Group berada di posisi 5 dari penerbit aplikasi Rusia terbesar. Mail.Ru Group adalah perusahaan internet Rusia. Didirikan pada 1998 sebagai layanan email, saat ini menjadi pemain terbesar di pasar Internet Rusia. Mereka berbasis di Moskow. Mail.Ru Group telah membuat aplikasi seperti Mail.ru - Aplikasi Email hingga Horoskop - Horoskop & Astrologi Zodiak Harian.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)