Begini Cara Cek Layar Samsung Terkena Shadow atau Tidak

Senin, 30 Mei 2022 - 15:48 WIB
loading...
Begini Cara Cek Layar Samsung Terkena Shadow atau Tidak
Cara cek layar samsung guna mengetahui shadow atau tidak rupanya bisa dilakukan dengan mudah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara cek layar samsung guna mengetahui shadow atau tidak rupanya bisa dilakukan dengan mudah. Layar shadow sendiri bisa diartikan sebagai kondisi layar ponsel yang berubah warna.

Sebenarnya, kejadian layar shadow ini tak hanya terjadi pada Hp Samsung, melainkan juga terjadi pada perangkat lainnya. Dalam kondisi ini, terdapat dua ciri-ciri yang mengindikasikan perangkat samsung mengalami layar shadow.

Pertama, jika layar perangkat menampilkan warna putih, justru yang terlihat adalah warna kekuningan. Sedangkan saat layar menampilkan warna merah, akan terlihat warna oranye. Jika mendapati beberapa diantara kedua ciri tersebut, bisa dipastikan layar perangkat terkena shadow.
Baca juga : Samsung Display Pamerkan Teknologi Baru Konsep Layar Lipat

Munculnya gejala shadow pada layar samsung biasanya terjadi karena beberapa hal hal. Salah satunya adalah penggunaan warna yang sama dalam intensitas waktu yang cukup lama pada LCD .

Lantas, bagaimanakah cara cek layar samsung untuk memastikan terkena shadow atau tidak? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya :

1. Gunakan Kode Rahasia Samsung

Sama halnya dengan pengembang lain, Samsung pun memiliki berbagai kode rahasia pada perangkat yang dibuatnya. Dalam hal ini, Samsung juga memiliki fitur untuk memeriksa kondisi layar perangkatnya. Berikut langkah-langkahnya:

-Pertama ketikan kode #0# pada menu dial up perangkat samsung.
-Lanjut, otomatis tampilan akan beralih untuk cek layar samsung.
-Setelah itu, coba satu per satu tombol yang tersedia. Dari opsi Red, Green, dan Blue. Dalam hal ini, apabila layar dalam kondisi normal, maka warna yang ditampilkan akan sesuai dengan yang dipilih.
-Apabila warna yang muncul tidak sesuai, maka layar perangkat dipastikan terkena shadow.
-Selesai.

2. Gunakan Aplikasi Pendukung

Pengguna bisa mengunduh salah satu aplikasi di Play Store untuk memastikan kondisi layarnya terkena shadow atau tidak. Anda bisa memilihnya sendiri dan mengunduhnya secara gratis. Beberapa contoh aplikasinya adalah Screen Test, Display Tester, dan masih banyak lainnya.
Baca juga : Daftar Android yang Paling Diminati, Android 12 Paling Gagal

Caranya pun cukup mudah, hanya tinggal unduh aplikasinya dan install di perangkat. Selanjutnya, cukup ikuti instruksinya secara detail dan pastikan tidak ada langkah yang terlewati.
(bim)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4745 seconds (0.1#10.140)
pixels