Robot Kepiting Berukuran Nano Akan Menjadi Perangkat Medis Canggih

Minggu, 29 Mei 2022 - 11:48 WIB
loading...
Robot Kepiting Berukuran Nano Akan Menjadi Perangkat Medis Canggih
Robot kepiting berukuran sangat kecil akan membantu ahli medis mengatasi penyakit. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Sejumlah peneliti dari Universitas Northwester tengah mengerjakan robot berukuran nano yang mampu berjalan tanpa hidraulik yang rumit dan sistem lain yang tidak mungkin dibuat dalam skala kecil untuk saat ini.

Robot berbentuk kepiting dengan ukuran yang sangat kecil, memiliki 8 kaki, dan dapat berjalan menyamping seperti kepiting asli, berkat bahan yang dikembangkan secara khusus, dilansir dari Ubergizmo.


Teknologi ini bekerja dengan membangun kaki seperti bentuk aslinya. Saat dipanaskan dengan laser, kaki berubah bentuk, memungkinkan terjadinya gerakan. Jika gerakan iti terus diulangi, maka robot akan berjalan.

Laser secara efektif mengontrol bagaimana robot bergerak. Pada bahan dan kekuatan laser tertentu, beberapa desain robot bahkan dimungkinkan untuk bisa melompat, tetapi untuk robot keliting ini bergerak lambat.

Teknologi semacam ini adalah salah satu cara robot kecil dapat bergerak dan populer di dunia robot nano. Diyakini bahwa pada akhirnya, perangkat ini akan dapat beroperasi di tempat yang biasanya tidak dapat diakses, termasuk tubuh manusia.

Kedepannya robot nano semacam ini akan melakukan tugas medis seperti misalnya melakukan operasi dengan cara yang sepenuhnya non-invasif. Diharapkan dapat menghancurkan tumor atau memperbaiki kerusakan jaringan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)