Arti, Fungsi, dan Perbedaan Cc dan Bcc pada Email, Ini yang Harus Diketahui

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:02 WIB
loading...
Arti, Fungsi, dan Perbedaan Cc dan Bcc pada Email, Ini yang Harus Diketahui
Para pengguna email pastinya sudah tidak asing dengan fitur Cc dan Bcc dalam email. Foto/Ist
JAKARTA - Para pengguna email pastinya sudah tidak asing dengan fitur Cc dan Bcc dalam email. Fitur ini terletak pada kolom penerima yang berada di sebelah kanan.

Ada banyak istilah dalam email yang mungkin kita belum tahu arti dan fungsinya. Hal ini mungkin karena jarang atau mungkin tidak memiliki alasan untuk menggunakan fitur tersebut.

Cc sendiri adalah singkatan dari carbon copy. Penamaan ini mengikuti konsep kertas karbon yang digunakan untuk menyalin tulisan pada kertas lain.

Kertas karbon yang biasanya diletakkan di antara dua lembar kertas kosong. Jika kertas paling atas ditulis, maka tekanan dari tulisan pada lembar pertama akan menembuskan tinta dari kertas karbon menempel pada kertas di bawahnya sehingga menghasilkan salinan.



Baca juga; Cara Hapus Email Sekaligus Tanpa Harus Pakai Aplikasi

Cc dalam pengiriman email sama halnya seperti penggunaan kertas karbon, yaitu digunakan sebagai salah satu cara mudah untuk mengirimkan salinan email ke orang lain. Cc sendiri pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan kolom “to” pada saat mengirimkan email.

Jika penerima utama yang dimasukkan pada kolom “to” akan lebih berpengaruh secara langsung oleh email dan diharapkan untuk menanggapi email tersebut. Biasanya kolom Cc digunakan untuk memasukkan penerima tambahan dengan maksud untuk membuat orang tersebut tetap terhubung dengan rangkaian email tersebut. Karena alasan ini pula Cc kerap disebut sebagai “courtesy copy”.

Sementara Bcc merupakan kependekan dari blind carbon copy. Hampir sama seperti Cc, fitur ini juga akan mengirimkan email yang sama pada penerima. Namun seperti namanya, Bcc ini blind alias tidak bisa dilihat oleh penerima yang lain, baik itu Cc maupun Bcc.

Baca juga; Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail
halaman ke-1
Komentar Anda