Apa Itu Akun Bot? Penyebab Elon Musk Tunda Beli Twitter

Jum'at, 20 Mei 2022 - 20:34 WIB
loading...
Apa Itu Akun Bot? Penyebab Elon Musk Tunda Beli Twitter
Apa itu akun bot? Ternyata akun bot merupakan akun palsu yang dibuat secara otomatis. Foto/IST
JAKARTA - Apa itu akun bot yang bikin CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk tunda beli Twitter? Diketahui baru-baru ini salah satu orang terkaya di dunia itu memang menunda realisasi pembelian Twitter karena masalah akun bot.

Elon Musk ogah menggelontorkan uang sebesar USD44 miliar atau setara Rp635 triliun kepada Twitter gara-gara menduga pengguna mikroblog itu kebanyakan akun bot.

Diketahui akun bot adalah istilah yang populer di dunia maya. Khususnya di jejaring sosial dan berbagai platform sosial media.

Dikutip dari situs Netacea, akun bot atau biasa disebut akun palsu merupakan sebuah akun yang dibuat secara otomatis. Tujuannya adalah menyampaikan pesan tertentu secara otomatis dalam berbagai bidang, termasuk pemasaran hingga politik sekali pun.



Baca juga : Bukan Bajakan, Mobil China Ini Padukan Desain Jeep dan Toyota

Biasanya akun-akun ini digunakan untuk menyebarkan spam hingga melakukan hal-hal yang biasa dilakukan akun aktif. Dalam hal ini, dengan banyaknya jenis bot yang berbeda tentu akan sulit untuk membedakannya. Beberapa akun bot menggunakan proxy atau IP palsu dan ada juga beberapa yang menggunakan alamat IP asli.

Lantas, bagaimanakah cara akun bot bekerja di Twitter?. Dikutip dari CBS News, akun Bot Twitter merupakan fake account yang meniru bagaimana orang menggunakan layanan di dalamnya. Mereka bisa melakukan tweet di akun lain, me-retweet postingan pengguna lain, serta dapat menjadi pengikut akun orang lain yang aktif.

Tamer Hassan selaku CEO Human Security menambahkan bahwa intinya adalah akun bot ini merupakan bagian dari kode yang meniru interaksi manusia secara online.

Baca juga : Land Rover Defender Versi 8 Penumpang Meluncur Akhir Mei
halaman ke-1
Komentar Anda