3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Menggunakan Root

Senin, 16 Mei 2022 - 11:09 WIB
loading...
3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Menggunakan Root
Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi cukup rumit, tapi tetap bisa dilakukan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Saat ini pengguna handphone Xiaomi cukup banyak dipilih karena beberapa alasan. Mulai spesifikasi hingga harga yang ditawarkan.
Namun terkadang terdapat sejumlah aplikasi bawaan di dalamnya yang tidak Anda gunakan, sehingga Anda harus menghapusnya satu-persatu.

Akan tetapi jangan sembarang menghapus aplikasi bawaan Xiaomi . Ini dikarenakan beberapa di antaranya ada yang berhubungan dengan kinerja, atau sistem pada handphone tersebut.

Aplikasi bawaan yang berhubungan dengan sistem kinerja ponsel itu sendiri sebenarnya bisa Anda hapus. Tapi membutuhkan sambungan lain atau root supaya tidak mengganggu kinerja ponsel nantinya. Nah, ada cara lain yang bisa dilakukan. Berikut rinciannya:

1. Redmi System Managed
Untuk menghapus aplikasi bawaan pada handphone Xiaomi tanpa root, yaitu Anda diharuskan mengunduh Redmi System Manager. Ini sebagai pihak ketiga, supaya saat aplikasi-aplikasi yang dimaksud akan dihapus maka tidak perlu menggunakan root.



Aplikasi ini sudah ada sejak 2017, dan saat ini sudah tersedia dalam versi terbaru, yakni versi 2.0.3. Akan tetapi versi terbaru ini menggunakan ekstensi XAPk, sehingga Anda perlu menginstal aplikasi XAPK Installer terlebih dahulu.

2. Buka Aplikasi System Manager
Ketika Anda berhasil mengunduh aplikasi system manager dan aplikasi XAPK, lalu buka klik tombol start. Setelah itu Anda tinggal memilih aplikasi bawaan yang akan dihapus.

Misalnya, Anda ingin mengapus aplikasi Google Play Music yang biasanya sulit dan tidak bisa dihapus jika menggunakan fitur Kelola Aplikasi yang tersedia di menu setelan handphone. Lalu klik aplikasi tersebut agar nantinya bisa dihapus.

BACA JUGA: Daftar Harga HP realme Terlengkap Mei 2022, Mana Pilihan Anda?

3. Nonaktifkan Aplikasi
Dikarenakan beberapa aplikasi bawaan tidak bisa dihapus, maka Anda cukup menon-aktifkannya. Sehingga saat Anda sedang menggunakan handphone, aplikasi-aplikasi bawaan itu tidak akan bekerja.

Selain itu, ketika Anda menon-aktifkannya, secara otomatis juga akan hilang dari home screen atau menu aplikasi yang Anda miliki. Namun jika sewaktu-waktu ingin menggunakannya, bisa langsung mengaktifkan kembali.
(dan)
Komentar Anda