Wikimedia Foundation Tolak Donasi Berbentuk Cryptocurrency

Senin, 02 Mei 2022 - 10:45 WIB
loading...
Wikimedia Foundation Tolak Donasi Berbentuk Cryptocurrency
Wikimedia, yayasan di balik Wikipedia, memutuskan untuk tidak menerima lagi donasi dalam bentuk cryptocurrency. Foto/PYMNTS
A A A
SAN FRANSISCO - Wikimedia, yayasan di balik Wikipedia , memutuskan untuk tidak menerima lagi donasi dalam bentuk cryptocurrency . Keputusan ini sebagai tidak lanjut setelah 71% pengguna menyatakan agar Wikimedia untuk berhenti menerima cryptocurrency.

Pada awal tahun, dibuat permintaan untuk Wikimedia agar berhenti menerima cryptocurrency. Alasannya, crypto menyebabkan bencana lingkungan, sehingga berisiko pada reputasi Wikimedia karena seolah menyetujui perusakan ekologis dan mendukung komunitas crypto.

Meskipun ada juga argumen mendukung penggunaan crypto karena lebih aman untuk penggunaan anonim. Selain itu, penggunaan uang kertas juga tidak sepenuhnya ramah lingkungan.



Selama terjadi perdebatan, yayasan Wikimedia mengatakan pada tahun fiskal sebelumnya, cryptocurrency hanya menghasilkan 0,08% dari pendapatan dengan total USD130.101. Jumlah tersebut, berasal dari 347 pemberi donasi yang menggunakan metode pembayaran crypto, sebagian besar dalam bitcoin.

Ketika diambil voting, dari 400 suara yang diberikan, hasilnya adalah 232 mendukung larangan menggunakan crypto dan hanya 94 suara yang menentang. Kepala petugas pengembangan Wikimedia Foundation Lisa Seitz-Gruwell memposting tanggapan yayasan atas keputusan itu.

“Yayasan Wikimedia telah memutuskan untuk menghentikan penerimaan langsung cryptocurrency sebagai sarana untuk menyumbang. Secara khusus, kami akan menutup akun Bitpay kami, yang akan menghilangkan kemampuan kami untuk secara langsung menerima cryptocurrency sebagai metode donasi,” kata Seitz-Gruwell dikutip SINDOnews dari laman Zdnet, Senin (2/5/2022).

Seitz-Gruwell menambahkan bahwa yayasan akan terus memantau masalah yang berkembang, dan yayasan akan fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan sukarelawan dan donasi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)