Simak, Perangkat Vampir Bisa Menyedot Listrik hingga Rp2,6 Juta per Tahun

Rabu, 27 April 2022 - 23:06 WIB
loading...
Simak, Perangkat Vampir Bisa Menyedot Listrik hingga Rp2,6 Juta per Tahun
Penelitian di Inggris menunjukkan rumah tangga menghabiskan Rp57,3 triliun per tahun dengan membiarkan perangkat vampir dalam keadaan siaga. Foto/dok
A A A
LONDON - Selama ini banyak pengguna listrik rumah tangga tak mengetahui kalau perangkat elektronik mereka bisa mengonsumsi daya walau pun sudah dimatikan. Stop kontak yang masih terpasang membuat perangkat tersebut masih bisa mengonsumsi listrik sehingga disebut perangkat vampir.

Dikutip dari BBC, Rabu (27/4/2022), Penelitian Gas Inggris menunjukkan rumah tangga menghabiskan ÂŁ3,16 miliar atau setara Rp57,3 triliun per tahun dengan membiarkan perangkat vampir dalam keadaan siaga.

Besarnya biaya tersebut sama dengan pemakaian listrik sebesar Rp2,6 juta per tahun untuk rata-rata rumah tangga. Uang tersebut setara dengan biaya listrik rumah tangga di Inggris untuk pemakaian dua bulan listrik.

Wakil Direktur Energy Inggris, Dhara Vyas mengatakan, saat ini warga Inggris mencoba melakukan penghematan di tengah meningkatknya harga gas akibat perang di Ukraina.



"Kami melihat kenaikan harga yang sangat tinggi saat ini. Kami belum tahu pasti, karena harga gas dunia masih fluktuatif," katanya kepada BBC News.

Untuk melakukan penghematan, Vyas menyarankan untuk mencabut semua colokkan listrik dari stop kontak. Speaker pintar, laptop, WiFi internet yang masih terhubung ke colokkan bisa menguras daya listrik.

Mungkin nyaman untuk membiarkan televisi dalam keadaan siaga dan menyalakannya dengan menekan tombol pada remote. Tetapi hal ini bisa membuat pemborosan lisrik sebesar ÂŁ25 atau setara Rp453.000 per tahun. Pemborosan bertambah sekitar ÂŁ23 atau sekitar Rp416.000 untuk penggunaan dekoder tv kabel.

Konsol game dalam keadaan standby rata-rata membuang energi senilai ÂŁ12 atau setara Rp217.000 per tahun dan komputer sekitar ÂŁ11 atau sekitar Rp199.000.



Pakar energi Gas Inggris Marc Robson merekomendasikan untuk menambahkan perangkat ke kabel ekstensi yang dapat dimatikan pada malam hari atau menggunakan colokan pintar.

"Ada colokkan pintar yang memungkinkan memeriksa semua perangkat vampir sudah dimatikan melalui ponsel Anda," katanya.

Pada malam hari, Robson juga menyarankan untuk mencabut semua colokkan listrik yang sudah tidak digunakan. Cobalah untuk tidak membiarkan ponsel dan laptop terus berada di colokkan listrik.

"Begitu perangkat Anda terisi daya, biasakan untuk mencabutnya. Ini tidak hanya akan menghemat energi tetapi juga memperpanjang masa pakai baterai," ujarnya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2871 seconds (0.1#10.140)