Tips Menggunakan THR untuk Investasi Kripto

Senin, 25 April 2022 - 16:56 WIB
loading...
Tips Menggunakan THR untuk Investasi Kripto
Mengingat kebutuhan menjelang Lebaran sangat banyak, THR bisa habis begitu saja. Foto: dok Zipmex
A A A
JAKARTA - THR sejatinya diberikan oleh pemberi kerja untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pekerjanya dalam menyambut hari Lebaran. Tapi, jangan sampai THR Anda hanya lewat begitu saja.

Tidak ada salahnya jika kita mengelola sebagian dari uang THR yang kita dapatkan untuk tabungan atau investasi. Termasuk, investasi dalam bentuk aset kripto. Hal tersebut disampaikan oleh Head of Growth Zipmex Indonesia Siska Lestari.

”Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang memudahkan Anda mulai berinvestasi. Antara lain emas, saham, reksadana sampai kripto,” ujar Siska.

Menurut Siska, belakangan kripto memang menjadi salah satu instrumen investasi menjanjikan dan bahkan terpopuler selain emas. ”Ada baiknya uang THR digunakan untuk membayar hutang, menabung, membayar zakat, dana darurat, membeli kebutuhan lain untuk hari raya, dan 10%-20% dari uang THR dialokasikan untuk berinvestasi,” ujar Siska.

Jika memang tertarik untuk berinvestasi di aset kripto, Siska menyarankan bahwa investor pemula hendaknya memakai aplikasi atau platform yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Tapi, mengapa harus investasi kripto? Siska mengatakan, walau kripto dikenal dengan tingkat volatilitas tinggi, namun saat ini kripto menjadi salah satu instrumen yang paling diminati untuk investasi jangka panjang.

”Ada banyak jenis aset kripto yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi seperti Bitcoin , Ethereum, Tether, atau USD Coin. Masing-masing aset memiliki kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis aset yang tepat sesuai profil risiko yang Anda miliki jika ingin berinvestasi di kripto,” beber Siska.

Ia juga menyarankan untuk memilih platform yang sudah jelas, teregulasi, resmi, dapat dipercaya dalam menawarkan keamanan berinvestasi.



”Pastikan Anda melakukan analisis yang baik terhadap instrumen investasi yang Anda inginkan. Mulai pasar kripto itu sendiri, cara kerjanya, jenis aset kripto, bahkan fitur, produk, layanan menarik yang ditawarkan oleh platform investasi kripto,” ungkapnya.

Siska mengatakan, di Indonesia ada banyak cara untuk mendalami pemahaman mengenai kripto. ”Salah satunya jointhecryptorevolution.id yang diluncurkan Zipmex . Isinya tentang cara mempelajari ilmu-ilmu dasar mengenai kripto, dan lainnya,” tutupnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)