5 Aplikasi Wajib Ada di HP Anda Selama Mudik Lebaran

Kamis, 21 April 2022 - 14:14 WIB
loading...
5 Aplikasi Wajib Ada di HP Anda Selama Mudik Lebaran
Ada sejumlah aplikasi yang bisa sangat membantu kegiatan Anda menuju ke kampung halaman. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Tahun ini masyarakat sudah diperbolehkan melakukan mudik Lebaran . Begitupun sebagian besar perusahaan memperbolehkan karyawan untuk mengambil jatah cuti. Sehingga diprediksi arus mudik kali ini akan sangat padat.

Nah, bagi Anda yang berencana mudik Lebaran ke kampung halaman, tentu harus mempersiapkan diri. Salah satunya, lewat aplikasi untuk memudahkan perjalanan.

Ingat, pemerintah masih menerapkan sejumlah aturan guna mencegah penularan kembali Covid-19. Nah, berikut lima aplikasi yang wajib Anda di ponsel Anda selama mudik Lebaran:

1. PeduliLindungi
Aplikasi PeduliLindungi wajib ada di ponsel Anda. Pemerintah melalui seluruh Kementerian dan Lembaga, mewajibkan setiap masyarakat mengunduh aplikasi tersebut. Khususnya bagi yang akan mudik.

Ketika Anda mengunjungi tempat seperti restoran, minimarket, hingga hotel, maka wajib scan barcode aplikasi PeduliLindungi. Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, penggunaan aplikasi PeduliLindungi secara masif telah memberikan dampak positif untuk melakukan kebijakan pengawasan.

”PeduliLindungi telah bertransformasi menjadi layanan terintegrasi sehingga memudahkan penelusuran, pelacakan, pemberian peringatan, dan dalam rangka memfasilitasi tatanan kehidupan yang baru (new normal),” kata Nadia dalam keterangan resminya Jumat, 15 April 2022.

2. e-HAC
Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalan mudik Lebaran nanti, agar mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC). Baik pengguna transportasi udara, laut, dan darat.

Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (DTO Kemenkes) RI, Setiaji mengatakan, dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Kemenhub No.36-38 Tahun 2022, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, baik dengan moda transportasi darat, laut dan udara wajib mengisi e-HAC sebagai syarat untuk melanjutkan perjalanan.

Fitur e-HAC ini sudah satu paket dengan aplikasi PeduliLindungi. Jadi jangan sampai Anda melewatkan untuk mengisinya, agar membantu serta saling menjaga supaya meminimalisir penyebaran kembali Covid-19.

3. Navigasi
Bagi Anda yang memilih mudik menggunakan jalur darat, khususnya membawa kendaraan pribadi, jangan sampai melewatkan aplikasi yang memiliki fitur lalu lintas. Ini penting, agar Anda bisa memantau kondisi jalan yang akan dilalui, apakah macet atau normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)