Mengenal Cara Kerja Wireless Charging, Ternyata Ada Sejak 100 Tahun Lalu

Selasa, 19 April 2022 - 19:49 WIB
loading...
Mengenal Cara Kerja Wireless Charging, Ternyata Ada Sejak 100 Tahun Lalu
Cara kerja wireless charging berupa pengisian daya tanpa kabel ini ternyata sudah ada sejak 100 tahun lalu. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara kerja wireless charging berupa pengisian daya tanpa kabel ini ternyata mengadopsi ide Nikola Tesla ratusan tahun lalu. Kini sejumlah smartphone premium sudah menggunakan wireless charging untuk melakukan pengisian daya.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin hari kian canggih. Salah satu yang menarik diulas adalah teknologi pengisian daya nirkabel atau yang lebih dikenal dengan wireless charging.

Wireless charging menawarkan pengisian daya yang praktis tanpa kabel. Teknologi yang satu ini memungkinkan penggunanya melakukan pengisian daya hanya dengan menaruh perangkat ke sebuah docking.

Saat perangkat di taruh, kumparan kecil di perangkat akan memanen energi dari medan magnet, dan menggunakannya untuk memberi daya pada baterai. Wireless charging menjadi alternatif pengisian daya yang nyaman.



Lantas seperti apa perjalanan wireless charging hingga seperti sekarang ini, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah paparannya, seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (19/4/2022).

Wireless charging sebenarnya bukanlah teknologi yang benar-benar baru. Metode pengisian daya yang satu ini sudah ada sejak lebih dari 100 tahun yang lalu, ditemukan oleh seorang ilmuan terkenal, Nikola Tesla.

Pada akhir 1800-an, Nikola Tesla berhasil mentransmisikan listrik melalui udara. Dia menggunakan proses yang disebut resonant-inductive coupling, yang bekerja dengan menciptakan medan magnet antara pemancar dan listrik untuk menyalakan bola lampu di laboratoriumnya di New York City.

Beberapa tahun kemudian, ia mematenkan idenya ini, Tesla — menara dengan kumparan di bagian atas yang dapat memancarkan listrik. Tesla memiliki visi yang jauh lebih besar dari jaringan listrik nirkabel, namun mimpi ini tidak pernah terwujud.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)
pixels