Review realme 9 4G: Kamera 108 MP, Desain Holografik, dan Layar Super AMOLED

Jum'at, 15 April 2022 - 15:45 WIB
loading...
Review realme 9 4G: Kamera 108 MP, Desain Holografik, dan Layar Super AMOLED
realme 9 4G memberikan cukup banyak fitur yang menarik di kelas harga Rp3 jutaan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - realme Indonesia resmi mengenalkan realme 9 4G di Tanah Air dengan spesifikasi dan fitur yang menurut kami cukup menggoda.
Suguhan fitur utama yang ditawarkan oleh realme 9 4G adalah kamera utama 108 MP yang sudah dilengkapi sensor Samsung ISOCELL HM6.

Setelah mencobanya langsung, ternyata ada lebih banyak fitur yang tak kalah menarik dari kamera 108 MP. Apa saja? Berikut ulasan langkap realme 9 4G :

Desain
Review realme 9 4G: Kamera 108 MP, Desain Holografik, dan Layar Super AMOLED

Layar 6,4 inci Full HD+ realme 9 4G sudah menggunakan panel Super AMOLED. Ini tentunya memiliki kualitas lebih baik dibanding panel IPS LCD. Misalnya, warna yang lebih “keluar”, juga lebih tajam.

Kualitas layar semakin optimal berkat dukungan refresh rate tinggi 90Hz dan touch sampling rate 360Hz. Lewat refresh rate tinggi ini, transisi gambar jadi lebih smooth atau halus.

Spesifikasi dan fitur layar realme 9 4G menurut SINDOnews ideal untuk Anda yang kerap menikmati streaming film atau bermain game di smartphone.

Kecerahan layarnya tembus 1.000 nits, yang membuat konten yang ditampilkan di layar tetap terlihat jelas meski berada di luar ruangan terik.

Agar layarnya tidak mudah tergores, realme melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 5. Semakin lengkap pula kehadiran sensor pemindai sidik jari yang tertanam di balik layar. Lumayan responsif untuk membuka menu. Ini fitur mewah untuk kelas ponsel Rp2 jutaan.

realme juga menghadirkan inovasi pendeteksi detak jantung terintegrasi langsung dengan sensor sidik jari. Menurut realme, fitur ini memiliki akurasi hingga 98%.

Performa
Review realme 9 4G: Kamera 108 MP, Desain Holografik, dan Layar Super AMOLED

Qualcomm Snapdragon 680 adalah chipset yang cukup tangkas untuk kegiatan sehari-hari. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Smartphone anyar ini dimotori prosesor Qualcomm Snapdragon 680. Chipset dengan fabrikasi 6 Nm ini diklaim menawarkan kinerja CPU lebih tinggi 25% dibanding pendahulunya. Begitu juga kinerja GPU meningkat 10% dan performa AI naik 25%.

realme menyediakan dua varian realme 9 4G yang bisa dipilih konsumen. Perbedaannya hanya terletak pada pilihan RAM.
Varian pertama memiliki konfigurasi 6GB+128GB. Adapun versi kedua 8GB+128 GB.

Kapasitas RAM juga bisa ditingkatkan lewat fitur Dynamic RAM Expansion. Pengguna bisa menambahkan RAM virtual hingga 5 GB.
Bagi yang suka bermain game, realme 9 4G sudah bisa menjalankan berbagai game dengan sangat lancar. Seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, bahkan Genshin Impact.

realme 9 4G menjalankan sistem operasi Android 12 terbaru dan dilapisi tampilan antarmuka realme UI 3.0.

Sumber dayanya mengandalkan baterai 5.000 mAh yang sudah tergolong besar. Baterai tersebut didukung teknologi fast charging 33W Dart Charge.

Dengan teknologi fast charging 33W Dart Charge, baterai realme 9 4G dapat terisi sebanyak 50% kurang dari 30 menit. Menjamin keamanan fast charging yang ada di realme 9 4G, realme mengadopsi solusi Intelligent Five-core chip. Beberapa fitur keamanan yang diterapkan seperti Adapter overload protection, Dart charge condition identification protection, Interface overload protection, Overcurrent-Protection and voltage overload protection dan Battery fuse protection.

Kamera
Review realme 9 4G: Kamera 108 MP, Desain Holografik, dan Layar Super AMOLED

Untuk keperluan mengabadikan momen, realme menyediakan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Komposisinya terdiri dari kamera utama 108 MP, lensa super-wide 8 MP dan lensa makro 4 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 16 MP dan dilengkapi sensor Sony IMX471.

Kamera 108 MP didukung sensor Samsung ISOCELL HM6. Jelas ini jadi daya tarik utama realme 9 4G. Kamera utamanya menggunakan teknologi baru Nanopixel Plus, menggabungkan 9 piksel menjadi satu untuk menghasilkan foto beresolusi tinggi.

Tidak cuma membuat foto menghasilkan resolusi tinggi dan detail jelas, teknologi Nanopixel Plus juga bisa mengatur sensitivitas cahaya low-dark light dan noise control. Hasilnya, foto malam hari terlihat lebih terang, serta membuat noise minimal.

Di sensor Samsung ISOCELL HM6, ada teknologi ultra-zoom. Berkat teknologi tersebut, saat foto diperbesar, objek masih akan terlihat lebih jelas dan detail.

Di mode normal, realme juga menyediakan mode foto lainnya, seperti Nightscape, Pro mode, panorama, portrait, time-lapse, hingga slow motion.

Kamera realme 9 4G sudah bisa merekam video hingga resolusi 1080p di 30 fps dan juga slow motion dengan resolusi 720p di 120 fps.
Sementara kamera depannya sudah dilengkapi AI Beauty menghaluskan hasil selfie. Fitur Beautification ini juga bisa disesuaikan dengan selera, sehingga sentuhan yang diberikan tidak terlihat berlebihan.

Sesuai permintaan fans, realme menghadirkan fitur Street photography Mode 2.0 ke realme 9 4G. Fitur Street Photography Mode 2.0 dapat pembaruan seperti penambahan filter Peak & Zoom dan Pop 90-an yang bisa memberi sentuhan menarik pada hasil foto yang Anda abadikan.



Kesimpulan
Review realme 9 4G: Kamera 108 MP, Desain Holografik, dan Layar Super AMOLED

Tidak sekadar mengandalkan kamera 108 MP yang memang menjadi nilai jual utamanya, realme 9 4G ternyata juga memiliki banyak fitur inovatif. Seperti teknologi Nanopixel Plus dan fitur pendeteksi detak jantung.

Secara keseluruhan, realme 9 4G memang merupakan smartphone yang menarik. Apalagi, Anda bisa memilikinya hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp3 jutaan saja.

Realme 9 4G 6/128GB dibanderol Rp3.399.000. Tapi, dipotong jadi Rp2.999.000 selama pre-order 14 April-22 April 2022. Adapun 8/128GB harganya Rp3.599.000. Saat ini realme 9 4G sudah bisa dibeli melalui realme Official Store yang ada di Tokopedia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)