First Klaz Jawab Tantangan Pembelajaran dari Rumah

Jum'at, 24 April 2020 - 19:59 WIB
loading...
First Klaz Jawab Tantangan Pembelajaran dari Rumah
Platform LMS First Klaz yang berbasis aplikasi dan webApp ini dapat diakses di manapun dan kapanpun. Dengan fitur-fitur yang tersedia seperti Kelas Virtual serta Tugas dan Kuis Online. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah sejak Maret lalu meminta dunia pendidikan mengintensifkan kegiatan belajar-mengajar dari rumah. Tantangannya sekarang, bagaimana membuat sistem pembelajaran online yang menyenangkan bagi siswa dan guru.

Menjawab tantangan itu, PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, enghadirkan program yang dapat mendukung berbagai langkah preventif yang dilakukan di tengah krisis pandemik ini. Dalam rangkaian kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, terutama terkait kebijakan metode belajar online, First Klaz, produk milik First Media Business, bisa menjadi alternatif teknologi pendukung untuk program pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"First Klaz merupakan produk terpadu Internet Dedicated yang andal dan Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk pencatatan kegiatan belajar mengajar (KBM) berbasis aplikasi, serta dilengkapi konten e-learning yang sesuai dengan kurikulum pendidikan di Indonesia," klaim Agung Satya Wiguna, Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk.

Selain konten e-learning yang bisa diakses tanpa biaya tambahan, platform LMS First Klaz juga dilengkapi kemampuan Artificial Intelligence (AI) yang membantu guru lebih optimal memberikan arahan kepada peserta didik, mendistribusikan materi ajar, memonitor tahap dan perkembangan belajar siswa, melakukan penilaian materi, dan mempersiapkan laporan hasil belajar.

Sebagai fitur unggulan, AI dengan cerdas dapat menganalisa dan memberi saran materi secara otomatis. Sehingga siswa mendapat ruang gerak lebih untuk mengeksplorasi minatnya.

"Platform LMS First Klaz yang berbasis aplikasi dan webApp ini dapat diakses di manapun dan kapanpun. Dengan fitur-fitur yang tersedia seperti Kelas Virtual serta Tugas dan Kuis Online, sangat memudahkan para guru dalam mengajar secara jarak jauh," ucap Agung.

Selain itu, sambung dia, selama kelas berlangsung, sistem akan mencatat sejauh mana siswa mengikuti kelas dan topik materi yang disampaikan. Laporan hasil belajar pun bisa secara otomatis dihasilkan dan secara real-time dimonitor melalui akses khusus bagi orang tua.

First Klaz dianggap cocok dalam penerapan metode blended learning, di mana siswa dapat mempelajari materi yang sudah disiapkan oleh guru sesuai kebutuhan topik melalui Bank Materi, baik dalam format tulisan maupun video. Kemudian pembahasan lebih lanjut akan dilakukan di kelas virtual bersama guru melalui fasilitas webinar atau forum diskusi, sehingga proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bisa tetap efektif, ringkas, dan terarah.

Platform ini menawarkan sejumlah fitur, di antaranya Classroom Management yang dapat dipergunakan oleh pihak sekolah untuk mengatur jadwal seluruh kegiatan kelas. Sekaligus memberikan notifikasi kepada peserta didik ataupun orang tua jika ada jadwal tugas dan tes yang belum memenuhi ketentuan, sehingga dengan fitur ini waktu dan pola belajar menjadi lebih efisien terarah.

Kelas virtual dan kuis secara daring (Application and Web App), pelaksanaan kegiatan belajar daring yang terstruktur dan tercatat secara komprehensif. "Mulai dari belajar, ulangan atau ujian di mana proses serta hasilnya dapat dipantau oleh orangtua dan Kepala Sekolah. Fitur ini membuat pelaksanaaan kegiatan belajar mengajar daring lebih mudah, optimal dengan penilaian yang dapat diketahui secara real time," katanya lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4229 seconds (0.1#10.140)