Bakal Jadi Trend Baru, TikTok Rilis Fitur Pembuat Efek AR

Rabu, 13 April 2022 - 23:03 WIB
loading...
Bakal Jadi Trend Baru, TikTok Rilis Fitur Pembuat Efek AR
TikTok akhirnya meluncurkan alat untuk membuat efek augmented reality (AR) yang bisa digunakan oleh para kreator konten dan pengembang. Foto/dok
A A A
JAKARTA - TikTok akhirnya meluncurkan alat untuk membuat efek augmented reality (AR) yang bisa digunakan oleh para kreator konten dan pengembang. Fitur ini dirilis secara resmi setelah sebelumnya hadir dalam versi beta.

Fitur yang diberi nama Effect House tersebut memungkinkan kreator serta pengembang membuat efek kamera AR mereka sendiri. Nantinya, efek kamera AR juga dapat digunakan oleh pengguna TikTok lain.

TikTok mengatakan fitur Effect House akan terbuka untuk semua kreator, desainer, dan pengembang dari seluruh dunia. Perusahaan juga menyebut telah memberikan informasi untuk mempelajari efek AR ini.

"Efek kreatif memberdayakan pembuat konten untuk mengekspresikan diri, menghibur, dan berbagi cerita melalui beragam format yang menarik dan imersif,” kata TikTok dikutip dari The Verge, Rabu (13/4/2022).



TikTok mengatakan bahwa efek AR yang dibuat harus tunduk dengan pedoman agar bisa digunakan. Efek AR tidak boleh mengandung unsur rasis seperti mempromosikan warna kulit tertentu dan stereotip negatif terhadap kelompok tertentu.



Efek AR yang mempromosikan operasi kosmetik juga dilarang, seperti filler bibir atau yang dapat mendorong pengawasan penampilan seseorang.



Selama ini, para pengguna TikTok mengandalkan efek green screen untuk membuat konten menarik, dengan lebih dari 1,5 miliar video menggunakan efek tersebut. Dengan kehadiran efek AR ini tampaknya akan menjadi tren baru di komunitas TikTok.

Peluncuran efek AR oleh TikTok menegaskan bahwa aplikasi berbagi video ini juga senantiasa mengikuti langkah para kompetitornya. Efek AR telah lebih dahulu dihadirkan oleh Instagram dan Snapchat sejak beberapa tahun terakhir.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)