Fungsi Fitur Enkripsi End To End WhatsApp Bisa Kirim Pesan Rahasia

Senin, 04 April 2022 - 21:40 WIB
loading...
Fungsi Fitur Enkripsi End To End WhatsApp Bisa Kirim Pesan Rahasia
Fungsi fitur enkripsi end to end Whatsapp. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Fungsi fitur enkripsi end to end Whatsapp adalah fitur pesan rahasia yang bisa digunakan di WhatsApp.

Enkripsi end-to-end adalah teknologi yang mampu mengamankan pesan teks, gambar, suara ataupun video dimana hanya penerima saja yang bisa mengakses pesan tersebut.


Terenkripsi secara end-to-end artinya semua pesan Anda sudah diamankan dan hanya bisa diakses penerima yang dituju

Lalu apa itu fitur enkripsi end to end menggunakannya di WhatsApp.

Dilansir dari berbagai sumber, jika ditinjau secara sederhana, enkripsi merupakan sebuah metode yang memungkinkan informasi seperti yang ada di WhatsApp akan 'terkunci'.

Kemudian pesan terbuka (plaintext) yang dienkripsi, nantinya akan diubah ke dalam kode acak rahasia. Sehingga informasi yang sebenarnya tidak bisa dibaca. Lalu dalam dunia komputer, pesan terenkripsi dinamakan ciphertext.

Selanjutnya, formula yang digunakan untuk mengunci dan membuka kunci ciphertext disebut algoritma enkripsi. Di dalamnya terdapat variabel yang cukup menarik, di mana para hackers atau penyusup akan kesulitan membobol pesan Anda. Baik yang bersifat umum maupun rahasia.

Namun apabila ada hackers yang ingin mengintip pesan Anda, maka tidak akan semudah itu. Ia harus menebak sandi mana yang digunakan pengirim untuk mengenkripsi pesan itu, serta variabel mana yang biasa digunakan untuk membuka pesan.

Oleh karena itu, tingkat keamanan inilah yang menjadikan enkripsi jadi sistem keamanan yang diunggulkan saat ini, khususnya WhatsApp yang menjamin seluruh pesan Anda akan aman dan tidak akan mudah bocor.

Tak hanya di aplikasi chatting saja, sistem enkripsi juga digunakan untuk melindungi data yang disimpan di dalam komputer dan penyimpanan perangkat. Termasuk data yang transit melalui jaringan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila rahasia pesan atau data Anda akan diretas, karena semua sistem tersebut memang telah teruji keamanannya.

Fungsi fitur enkripsi end to end Whatsapp tersebut dapat Anda coba dengan sangat mudah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6419 seconds (0.1#10.140)