Survei Online Ramadan: Warganet Pilih Belanja Pakaian dan Berbuka dengan Gorengan

Minggu, 03 April 2022 - 04:41 WIB
loading...
Survei Online Ramadan: Warganet Pilih Belanja Pakaian dan Berbuka dengan Gorengan
Survei online Populix mengungkap tingkah laku konsumen Indonesia saat Ramadan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menyambut puasa Ramadan 1443H , warganet mengungkap hidangan favorit untuk berbuka puasa hingga keinginan berbelanja yang lebih besar.

Hal tersebut terungkap lewat survei “Embracing Ramadan 2022” yang dihelat oleh consumer insights platform Populix. Survei seputar perilaku konsumen Indonesia itu dilakukan pada 1-9 Maret 2022 terhadap 1.492 responden berusia 18-55 tahun di Indonesia.

”Kami kami menyoroti beberapa perilaku konsumen dalam menyambut bulan suci, termasuk preferensi mereka dalam mempersiapkan menu berbuka puasa,” ujar Timothy Astandu, Chief Executive Officer, Populix.

Berikut adalah beberapa poin temuan utama dari survei Populix:

Belanja Makanan dan Pakaian
Jelang bulan Ramadan, 70% responden Muslim mengatakan mereka memilih untuk membersihkan rumah. 66% responden mengaku akan mempersiapkan stok makanan dan 47% memilih mempersiapkan stok minuman.

43% responden membeli pakaian baru dan 30% responden membeli perlengkapan sholat. Mayoritas responden juga telah menyediakan anggaran hingga 25-50% lebih besar dibandingkan bulan biasa.

Responden laki-laki cenderung bersedia mengeluarkan anggaran lebih besar dibanding perempuan untuk menyambut Ramadan.

Gorengan dan Kopi Kekinian
Dalam mempersiapkan menu berbuka puasa, 72% responden mengatakan sebagian disiapkan oleh diri sendiri maupun anggota keluarganya. Sebagian lainnya dibeli dari pedagang terdekat di sekitar rumah atau kantor (71%), bazaar Ramadan (52%), teman/tetangga/keluarga yang menjual menu berbuka puasa (44%), maupun aplikasi pesan makanan online (25%).

Gorengan (74%), kolak (72%), dan hidangan utama (65%) merupakan menu makanan paling diminati responden beragama Muslim untuk berbuka puasa. Sementara itu, air mineral (72%) dan teh (70%) merupakan jenis minuman yang paling banyak dipilih responden untuk menemani mereka berbuka puasa.

Survei itu juga memperlihatkan merek air mineral, teh dalam kemasan, hingga pilihan gerai untuk membeli teh kekinian yang paling disukai responden, baik responden Muslim maupun non-Muslim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3416 seconds (0.1#10.140)