7 Cara Bikin Akun Telegram Anda Lebih Aman

Minggu, 03 April 2022 - 03:10 WIB
loading...
7 Cara Bikin Akun Telegram Anda Lebih Aman
Telegram ternyata memiliki beragam fitur keamanan untuk membuat penggunanya lebih nyaman. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara bikin akun Telegram lebih aman penting diketahui. Betapa tidak, di Indonesia, kasus seperti kebocoran data pada sektor pemerintahan, e-commerce, dan aplikasi messenger merupakan kasus yang terjadi karena lalai terhadap isu keamanan data.

Bagi pengguna Telegram , ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga akun Anda tetap aman. Berikut detailnya:

1. Sembunyikan Nomor Telepon
Telegram memiliki fitur menyembunyikan nomor telepon. Pengguna hanya bisa melihat nomor telepon Anda jika nomor mereka tersimpan di telepon Anda dan menyinkronkan kontak Anda dengan Telegram.

Nah, cara untuk menyembunyikan nomor telepon: pergi ke opsi Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Nomor Telepon. Setelah itu, pilih opsi “Tidak Ada” dalam bagian “yang dapat melihat nomor telepon saya”.

2. Fitur Lock Chat
Anda bisa mengakses percakapan dalam beberapa perangkat dalam waktu bersamaan tanpa perlu khawatir riwayat percakapan terhapus. Ketika ganti ponsel, percakapan tetap tersimpan. Anda juga bisa menggunakan fitur lock chat untuk mengunci pesan otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa menit.

Caranya, klik tombol Setting > Privacy and Security > Passcode and Touch ID > Pasang PIN atau Touch ID. Klik juga ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegram Anda.

3. Matikan Fitur “People Nearby”
Fitur “People Nearby” memudahkan perkenalan dengan teman baru di sekitar Anda tanpa bertukar nomor telepon. Namun fitur ini tidak diaktifkan secara default oleh Telegram saat pengguna pertama kali menginstal aplikasi untuk memastikan privasi penggunanya. Jadi, pastikan mengaktifkan fitur ini sebelum menggunakannya. Jangan lupa menonaktifkannya setelah selesai untuk mencegah lokasi Anda tersebar.

4. Self-Destruct Chat
Self-destruct timer tersedia untuk semua pesan di Secret Chats dan untuk media di private cloud chat. Cukup klik ikon jam (di kolom input di iOS, dan bagian atas di Android), lalu pilih batas waktu yang diinginkan. Setelah waktu habis, pesan tersebut akan hilang dari kedua perangkat. Anda bisa berkirim pesan “rahasia” bersama teman tanpa takut ada pengintip.

5. Batasi Undangan Masuk Grup
Telegram memiliki fitur yang mengatur izin menambahkan akun ke grup. Cukup pergi ke opsi Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Grup. Selanjutnya, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa mengundang masuk grup. Dengan begini Anda akan terhindar dari undangan-undangan masuk grup yang tidak kamu kenal.

6. Aktifkan Protected Content di Grup dan Channel
Fitur ini membantu creators untuk melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan memastikan bahwa itu hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju. Pemilik grup dan channel dapat menyimpan konten mereka hanya untuk anggota grup/channel melalui fitur ini, yang membatasi pesan untuk diteruskan dari obrolan, mencegah screenshot, dan membatasi kemampuan untuk menyimpan media. Buka halaman Info Grup atau Saluran > Grup/Jenis Saluran > Batasi Menyimpan Konten.

BACA JUGA: Tips Bikin Foto Epic untuk Media Sosial lewat Kamera Galaxy S22 Series

7. Hapus Pesan Berdasarkan Tanggal
Pengguna Telegram memiliki kendali penuh atas jejak digital dan dapat menghapus pesan apa pun dari percakapan kapan saja. Anda bisa menghapus riwayat obrolan dari hari atau rentang tanggal tertentu dalam chat. Caranya, buka kalender, klik tanggal yang muncul saat scroll chat–pilih hari mana yang akan dihapus. Anda juga dapat mengatur pesan dalam mode hapus otomatis untuk satu hari, minggu, atau bulan setelah pengiriman.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1474 seconds (10.101#12.26)