Ponsel Xiaomi di Indonesia Resmi Dapatkan Fitur Peringatan Dini Gempa

Sabtu, 02 April 2022 - 11:05 WIB
loading...
Ponsel Xiaomi di Indonesia Resmi Dapatkan Fitur Peringatan Dini Gempa
Xiaomi mengumumkan peluncuran fitur Earthquake Early Warning (EEW) atau peringatan dini gempa untuk pelanggannya di Indonesia. Foto/dok
A A A
BEIJING - Xiaomi mengumumkan peluncuran fitur Earthquake Early Warning (EEW) atau peringatan dini gempa untuk pelanggannya yang berbasis di Indonesia. Saat ini, fitur EEW yang disematkan di smartphone Xiaomi adalah versi trial dan akan terus disempurnakan.

Dilansir dari Gizmochina, Sabtu (2/4/2022), Xiaomi meningkatkan fokusnya untuk menyelamatkan nyawa melalui berbagai fungsi di smartphone dan perangkat lainnya. Pusat teknologi China terus bekerja dengan lembaga pencegahan dan mitigasi bencana di Indonesia untuk merespons ancaman gempa secara memadai.

Saat ini fitur perigatan dini gempa ini sudah bisa diaktifkan di Indonesia. Fitur ini akan memberikan notifikasi yang berguna tentang aktivitas seismik yang dapat mengakibatkan gempa bumi di Indonesia.

Intensitas seismik dan lokasi gempa yang segera terjadi akan membantu pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia membuat keputusan yang tepat untuk menjauh dan menghindari area tersebut.



Menurut Xiaomi, EEW memberikan peringatan singkat waktu sebelum datangnya gelombang sekunder. Perhitungannya didasarkan pada gelombang listrik yang jauh lebih cepat daripada gelombang sekunder.

Fitur EEW di smartphone Xiaomi berinteraksi dengan sistem peringatan dini dari lembaga pemantau gempa. Informasi tersebut kemudian diumpankan ke smartphone Xiaomi yang diaktifkan sebagai notifikasi. Prioritas diberikan ke daerah-daerah di mana gempa terjadi untuk efektivitas yang lebih besar.



Pemberitahuan akan menampilkan informasi penting tentang gempa termasuk perkiraan waktu kedatangan dan besarnya. Telepon akan membunyikan nada peringatan ketika peringatan dini terjadi dan Xiaomi mengatakan pengguna harus membiasakan diri dengan nada ini.

Xiaomi juga mengharapkan umpan balik dari pengguna yang memilih fitur EEW di smartphone Xiaomi yang kompatibel di Indonesia untuk terus melakukan penyempurnaan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2719 seconds (0.1#10.140)