Ini Keuntungan Memakai WhatsApp Business untuk UMKM

Jum'at, 01 April 2022 - 13:20 WIB
loading...
Ini Keuntungan Memakai WhatsApp Business untuk UMKM
WhatsApp menyediakan layanan bisnis untuk UMKM maupun perusahaan untuk mengoptimalkan layanan seperti customer support. Foto: dok Wappin
A A A
JAKARTA - WhatsApp masih jadi kanal komunikasi bisnis paling favorit di Indonesia. Riset internal Wappin menyebut, penggunaan WhatsApp untuk bisnis di Indonesia meningkat hingga 113% di penghujung 2021. Apa sebabnya? Karena WhatsApp adalah komunikasi paling mudah di akses dan paling banyak penggunanya.

”Selain memudahkan bisnis membangun komunikasi secara personal dengan pelanggannya secara masif, WhatsApp juga merupakan kanal komunikasi paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia,” ujar Rico L. Simarmata, CEO SPE Solution.

Sehingga, menurut Rico, wajar jika WhatsApp sangat efektif digunakan untuk komunikasi bisnis.

Sejak 2019, Wappin sendiri telah menghadirkan layanan WhatsApp Business Platform. WhatsApp Business Platform ialah solusi WhatsApp yang dikhususkan untuk UKM dan perusahaan berskala menengah hingga besar.

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa, Rico menyebut bahwa WhatsApp Business Platform menyediakan berbagai fitur lebih canggih untuk penggunaan bisnis.

Hanya saja, WhatsApp Business Platform tidak bisa langsung didapat dengan mengunduhnya dari Apple App Store atau Google Play Store.

WhatsApp Business Platform hanya bisa didapat melalui WhatsApp Business Solution Provider, perusahaan resmi dan secara langsung bekerjasama dengan WhatsApp. ”Salah satunya Wappin, salah satu produk SPE Solution,” beber Rico.

Rico mengatakan, hingga 2022 berbagai perusahaan dan UMKM dari beragam industri telah menggunakan Wappin untuk membangun customer service pada WhatsApp menggunakan chatbot, mengirimkan OTP, billing pembayaran, dan promosi marketing, mendapatkan akun verified centang hijau, serta berbagai kebutuhan lainnya.

”Komunikasi antara bisnis dan pelanggan semakin krusial, apalagi menjelang hari Raya dan Lebaran. Karena itu, Wappin menyediakan one-stop solution untuk membantu pebisnis menjaga komunikasi dengan konsumen mereka lewat WhatsApp. Mulai dari kebutuhan marketing, sales, maupun customer service,” ujarnya.

Tujuannya, lanjut Rico, tentu saja agar bisnis dapat menaikkan omset penjualan dengan memastikan komunikasi dan relasi kepada pelanggannya tetap baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4534 seconds (0.1#10.140)