5 Cara Termurah dan Termudah Mempercepat Koneksi Internet

Rabu, 30 Maret 2022 - 13:05 WIB
loading...
5 Cara Termurah dan Termudah Mempercepat Koneksi Internet
Cara termudah mempercepat koneksi internet bisa dilakukan dengan beberapa trik sederhana. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mempercepat koneksi internet penting diketahui. Baik itu di ponsel ataupun lewat komputer. Wajar, sebab internet menjadi barang yang tidak bisa dipisahkan dari manusia. Segala macam aktivitas kini dimungkinkan dengan keberadaan jaringan internet.

Jaringan internet yang jelek tentu akan menghambat aktivitas. Untuk itu, dituntut untuk memiliki jaringan internet dengan koneksi yang cepat dan juga stabil.

Nah, untuk mempercepat koneksi internet, khususnya di smartphone , bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bagaimana langkahnya? Berikut paparannya, dilansir dari laman Smartfren.

1. Mempercepat koneksi internet dengan set APN
Pada umumnya, APN digunakan untuk menemukan dan memberikan alamat IP yang tepat, dan harus diidentifikasi oleh perangkat di jaringan. Jadi jika APN salah tulis atau salah format, maka dapat dipastikan internet tidak akan berjalan.

APN bawaan biasanya cenderung lambat. Maka, mengatur atau mengganti APN merupakan salah cara mempercepat dan memperkuat jaringan internet. Tapi perlu diingat bahwa pada saat mengatur APN, harus menuliskannya secara benar. Karena salah sedikit saja, jaringan internet justru bisa mati.

2. Pakai aplikasi penguat sinyal
Dengan aplikasi penguat sinyal, Anda juga bisa mempercepat koneksi internet. Anda bisa mencoba beberapa aplikasi penguat sinyal yang bisa ditemukan di Google Play Store, contohnya Internet Booster & Optimizer, Connection Stabilizer Booster, dan Network Signal Booster.

3. Gunakan mode pesawat atau restart smartphone
Mode pesawat juga bisa membantu mempercepat koneksi internet. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat, tunggu beberapa detik, lalu matikan mode pesawat itu lagi. Melakukan hal tersebut sama dengan melakukan refresh atau restart jaringan internet.

Restart smartphone juga dapat dilakukan. Cara ini biasanya digunakan saat smartphone mengalami sedikit error ketika ingin mempercepat jaringan internet. Restart merupakan mengembalikan sistem dalam keadaan normal kembali sama seperti refresh.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu
Sebuah aplikasi, walaupun tidak digunakan, akan otomatis berjalan di latar belakang. Jika aplikasi tersebut cukup banyak, tentunya akan membuat sistem operasi semakin lambat. Terlebih jika data seluler sedang aktif. Untuk itu, ada baiknya untuk hapus aplikasi yang tidak perlu.



5. Bersihkan cache
Cara mempercepat koneksi selanjutnya adalah rajin membersihkan cache atau file sampah. Hal ini penting, karena cache yang menumpuk akan membebani sistem dan menurunkan kecepatan internet.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)