Cerdas Membuat Konten di Media Sosial

Selasa, 29 Maret 2022 - 16:49 WIB
loading...
Cerdas Membuat Konten di Media Sosial
Membuat konten di berbagai sosial media harus dilakukan dengan trik khusus agar mudah mendapatkan perhatian. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pengguna internet di Tanah Air menunjukkan perkembangan signifikan. Data yang dipublikasi oleh APJII (Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) menyebut, penetrasi pengguna internet di Indonesia sebagian besar adalah mereka yang berusia 15 sampai 19 tahun, yakni 91%. Sementara itu, 88,5% pengguna internet lainnya memiliki rentang usia 20-24 tahun.

Salah satu platform yang paling banyak digunakan dan dibuka masyarakat adalah media sosial atau medsos. Di Indonesia sendiri, ada beberapa medsos yang sangat familiar dan banyak digunakan, seperti Twitter, Instagram dan YouTube. Perkembangan media sosial yang semakin masif menuntut siapa saja untuk bisa cerdas membuat konten menarik.

Tak sampai di situ, konten yang ditampilkan sudah jelas harus bermutu dan memiliki nilai manfaat tinggi. Peluang baik dari media sosial ini tentunya harus dimanfaatkan para generasi muda, terutama mahasiswa untuk membuat konten menarik dan mampu menjadi magnet banyak orang.



Hal tersebut menjadi tema yang diangkat dalam acara pelatihan ke-6 Gen Sindo Batch XIII bertajuk ‘Membuat Konten Menarik dan Powerful di Sosmed’ pada Selasa (29/3/2022). Rizki Gunawan, Head of Social MNC Portal Indonesia, didapuk menjadi pembicara dalam pelatihan secara virtual ini.

“Sebagai pelaku medsos, kita harus memahami produknya terlebih dahulu. Masing-masing produk tentunya memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Di media daring, misalnya, kita harus melakukan publikasi berita secara terus-menerus. Tentunya, dengan produk konten berita yang banyak,” kata dia kepada para peserta.

Konten Adalah Raja

Rizki menekankan bahwa medsos adalah bagian dari pemasaran digital, bersama dengan SEO (Search Engine Optimization), email blast dan message blast. “Di pemasaran digital, kuncinya adalah konten. Pembuatan konten harus dilakukan secara tepat. Mereka yang melakukan pemasaran digital harus memahami betul mekanismenya,” imbuh dia.

Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam membuat konten. Pertama adalah headline berita yang tepat, bentuk sajian konten menarik dan interaksi dengan followers terjalin baik. Jika produk yang disajikan sudah bagus, maka si pembuat konten tidak perlu usaha besar untuk menjadikan kontennya itu viral.

Cerdas Membuat Konten di Media Sosial
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)