Startup Kelas.com Bikin Bootcamp Agar Pencari Kerja Cepat Mendapat Pekerjaan

Senin, 28 Maret 2022 - 17:59 WIB
loading...
Startup Kelas.com Bikin Bootcamp Agar Pencari Kerja Cepat Mendapat Pekerjaan
Program Bootcamp Kelas.com berisi berbagai materi yang diharapkan bermanfaat bagi para pencari pekerjaan. Foto: dok Kelas.com
A A A
JAKARTA - Terbatasnya lowongan pekerjaan berbanding terbalik dengan jumlah tenaga kerja. Dampaknya, banyak lulusan baru susah mendapat kerja. Apalagi, skill pencari kerja kualifikasinya tidak sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

”Banyak para fresh graduate maupun pekerja yang kehilangan pekerjaan kesulitan mendapat pekerjaan baru selama pandemi. Akses informasi yang terbatas menambah hambatan para pencari kerja,” ujar Product Manager Kelas.com Niko Setiawan.

Karena itu, startup Kelas.com mencoba untuk memecahkan masalah tersebut lewat program Bootcamp yang diharapkan jadi solusi praktis para pencari kerja dalam percepatan memperoleh pekerjaan.

”Bootcamp Kelas merupakan program Kelas.com di mana kami menggunakan sistem self paced learning/Asynchronous,” ungkap Niko. Ia menyebut hal ini sebagai terobosan, karena memungkinkan waktu belajar yang fleksibel (tidak ditentukan waktu pembelajarannya).

Niko menjelaskan, beberapa keunggulan Bootcamp Kelas antara lain memungkinkan peserta kelas belajar dari mana saja. Mereka juga dapat mengulang pembelajaran hingga paham. ”Selain itu, biaya bootcamp yang jauh lebih terjangkau,” ungkapnya.

Menurut Niko, misi Bootcamp Kelas adalah menyediakan bootcamp yang dapat mentransformasi pencari kerja yang ingin memulai karir dan menjadi ahli di satu bidang yang telah disediakan. ”Ini penting karena Indonesia kekurangan 600 ribu talenta digital per tahun di bidang IT, digital marketing, hingga product management,” bebernya.

Ada beberapa keunggulan Bootcamp Kela s dibanding layanan sejenis. Menurut Niko, pihaknya juga memberikan penyaluran kerja, penyusunan PBL (Project base learning) untuk bekal pencarian kerja, juga tanpa minimal pendidikan. ”Yang terpenting, harga kami 10x lebih murah dengan waktu belajar singkat hanya 2 minggu-1 bulan,” beber Niko.

Untuk materi sendiri diajarkan langsung oleh M Reza Mahdar sebagai Product Manager Bukalapak dan Gerald Immanual, yakni Lead Product Manager di Tokopedia.

Bootcamp Kelas resmi dirilis 22 Maret 2022 dengan 1 program saja. Yakni Product Management. ”Ini karena kebutuhan project manager sangat besar dan tidak ada pendidikan formal yang menyediakan pendidikan mengenai bagaimana berkarir menjadi project manager,” ungkapnya.



Nantinya ada 3 modul yang diajarkan, antara lain Strategi Product Management di Dunia Start-up, Intro to Growth Product Management dan Manage a Growth Product. ”Kami juga menyiapkan program lain yang akan rilis dalam waktu dekat. Yakni Administrasi, Business Development serta Full Stack Web Developer,” tutup Niko.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)