Barisan Teknologi Bikinan Rusia yang Digunakan di Seluruh Dunia

Rabu, 09 Maret 2022 - 18:44 WIB
loading...
Barisan Teknologi Bikinan Rusia yang Digunakan di Seluruh Dunia
Alat untuk mengelas adalah salah satu teknologi bikinan Rusia. Foto/ IST
A A A
MOSCOW - Rusia kini menjadi sorotan dunia setelah menginvasi Ukraina. Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin itu berhasil membuat Ukraina babak belur sekaligus membuat NATO ketar ketir.

Rusia sendiri memang merupakan sebuah negara besar yang memiliki kekuatan militer tiada tanding. Tidak hanya militernya saja yang ganas, Rusia juga punya segudang teknologi canggih.



Jarang yang tahu bahwa kemajuan dan kepintaran Rusia telah memberikan dampak positif bagi peradaban saat ini. Banyak teknologi dunia yang hingga saat ini digunakan berasal dari Negeri Beruang Merah.

Nah penasaran apan saja? Berikut sederet teknologi rintisan Rusia yang dimanfaatkan dunia, melansir dari Russia Beyond, Rabu (9/3/2022):

1. Pengelasan

Eksperimen pengelasan pertama kali dilakukan oleh insinyur Rusia Vasiliy Petrov dan insinyur Inggris Humphry Davy pada awal abad ke-19. Keduanya sama-sama sukses menciptakan busur las pertama di dunia.

Namun, busur buatan Vasiliy Petrov lebih unggul dibanding busur Humphry Davy. Busur Vasiliy Petrov mampu bertahan lebih lama dan menghasilkan suhu yang cukup untuk melelehkan logam.

Pada tahun 1881, insinyur dan penemu Rusia Nikolay Benardos, sukses mengembangkannya menjadi lebih canggih untuk pengelasan. Benardos pun menerima paten untuk temuannya pada 1885.

Kemudian teknologi pengelasan kembali dikembangkan oleh insinyur Rusia lainnya, yakni Nikolay Slavyanov. Kali ini ia menggunakan elektroda logam, bukan elektroda karbon, yang memungkinkan pengelasan logam dengan titik leleh yang sangat tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5048 seconds (0.1#10.140)