Cerita Desainer Samsung saat Mengembangkan Tampilan Antarmuka One UI 2

Senin, 15 Juni 2020 - 12:00 WIB
loading...
Cerita Desainer Samsung saat Mengembangkan Tampilan Antarmuka One UI 2
Para pengembang Samsung yang berhasil menciptakan One UI untuk smartphone pabrikan Korea tersebut. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di masa lalu smartphone memiliki tombol fisik dan jumlah fitur yang terbatas, tapi pada era modern seperti sekarang, semuanya sudah berbeda. (Baca juga: Redmi 9 dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB Nongol di Situs TENAA )

Smartphone zaman now menawarkan berbagai fungsi yang kita akses dengan berinteraksi melalui layar sentuh perangkat kita. Namun, menggunakan komponen sama yang berfungsi sebagai media tampilan perangkat untuk alat input utama terkadang dapat menghadirkan kesulitan bagi pengguna.

Di sinilah peran User Interface (UI), dengan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengannya disebut sebagai User Experience (UX). Pada 2018, Samsung memperkenalkan sebuah versi yang ditingkatkan dari sebuah standar antarmuka yang disebut 'One UI'. (Lihat video: Gelapkan 45 Mobil Rental, Janda Muda di Pangkal Pinang Ditangkap )

Selain berupaya menjadikannya intuitif, konsisten, dan efektif, perancang UI mencoba merancang berdasarkan interaksi pengguna dalam menggunakan objek fisik sehari-hari agar UI lebih familiar.

Misalnya, pengguna mengubah halaman digital dalam e-book seperti halnya halaman fisik, atau menggeser kartu mereka ke atas pada aplikasi Samsung Pay dengan meniru cara mereka mengeluarkan kartu dari dompet mereka. Nah berikut ini hal-hal yang desainer perhatikan dalam menghadirkan UI terbaiknya:

Antarmuka untuk Membantu Pengguna Bekerja
Konsep One UI dimulai dengan ide untuk membantu pengguna yang sibuk saat ini agar tetap fokus dengan menyederhanakan interaksi di-handphone-nya. Salah satu desainer One UI Soyeon Lim menjelaskan, proses mendesain antarmuka dilakukan berdasarkan konsep 'kesederhanaan sehari-hari'.

"One UI dirancang untuk membantu pengguna fokus pada tugas-tugas penting dengan menghilangkan gangguan," kata Lim.

Sekarang, One UI telah dikembangkan lebih lanjut menjadi 'One UI 2', yang diresmikan pada akhir tahun lalu. Antarmuka yang ditingkatkan ini menggabungkan ikon-ikon dari One UI dalam gaya dan konfigurasi baru, termasuk warna dan gerakan yang diubah.

Selain itu, One UI 2 membuat ikon lebih mencolok dengan nada warna dan gerakan yang berbeda, misalnya ketika ikon ‘pengaturan’ bergetar untuk memberi tahu pengguna bahwa pembaruan sedang berlangsung.

‘Kesederhanaan’ Membantu Anda Memprioritaskan Hal Penting
Kesederhanaan selalu menjadi prioritas utama bagi para desainer ketika mengembangkan One UI 2. Untuk itu, layar pop-up di bagian atas dan bawah layar dibuat lebih ringkas dan sederhana agar pengguna tidak terganggu ketika menggunakan fitur.
Cerita Desainer Samsung saat Mengembangkan Tampilan Antarmuka One UI 2

Aplikasi kamera juga telah disederhanakan untuk memastikan fungsi kamera tidak terhambat, dan mencegah pengguna terganggu ketika mereka sedang mengambil gambar. Taehee Hwang, perancang UI untuk aplikasi kamera, menceritakan bagaimana membuat pengalaman pengguna lebih mudah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)