Apa Fungsi Extended RAM di HP dan Bagaimana Cara Memakainya?

Selasa, 22 Februari 2022 - 11:49 WIB
loading...
Apa Fungsi Extended RAM di HP dan Bagaimana Cara Memakainya?
Extended RAM di ponsel Extended RAM di upgrade dari 8 GB menjadi 12 GB. Foto: dok vivo Indonesia
A A A
JAKARTA - Belakangan fitur Extended RAM jadi salah satu andalan di perangkat ponsel midrange hingga entry level. Tapi, apa sebenarnya fungsi Extended RAM dan bagaimana cara memakainya?

Dengan fitur Extended RAM, maka ponsel seperti vivo V23 5G yang memiki RAM 8 GB bisa mendapat tambahan RAM 4 GB (berbeda di masing-masing HP). Sehingga total RAM yang dimiliki mencapai 12 GB.

”Dengan Extended RAM, kegiatan produktivitas, menikmati aplikasi hiburan, hingga ngegame dan multitasking dapat dijalankan lebih baik,” beber ujar Yoga Samiaji, Product Manager vivo Indonesia.



Menurut Yoga, Extended RAM membuat performa smartphone terasa lebih cepat, lancar dan tanpa lagging ketika menjalankan hingga 25 aplikasi sekaligus.

Apa Itu Extended RAM?
Apa Fungsi Extended RAM di HP dan Bagaimana Cara Memakainya?

Extended RAM merupakan teknologi manajemen memori inovatif yang menggunakan algoritma untuk mengalokasikan ROM idle ke RAM.

”Sehingga vivo V23 5G akan berjalan lebih lancar dan lebih optimal ketika digunakan untuk bermain mobile gaming atau kegiatan multitasking,” beber Yoga.

Selain itu, fitur Extended RAM juga mendukung efisiensi energi yang digunakan oleh smartphone.

Sehingga daya baterai akan lebih tahan lama meski menjalankan berbagai aplikasi pada saat yang bersamaan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Extended RAM?
Apa Fungsi Extended RAM di HP dan Bagaimana Cara Memakainya?

Untuk mengaktifkan fitur RAM pada vivo V23 5G sebenarnya sangat mudah. Berikut caranya:
1. Buka fitur Extended RAM di menu “Setting”.
2. Klik ”RAM and storage space”.
3. Klik ”RAM”
4 Klik “Extended RAM”.

Menurut Yoga, vivo V23 5G juga dilengkapi tujuh komponen vivo Liquid Cooling System. Tujuannya, untuk menyingkirkan panas berlebih dari komponen internal. Sehingga panas cepat dan merata keluar dari ponsel meski sedang digunakan untuk gaming sekalipun.

vivo V23 5G sendiri dibekali prosesor Dimensity 920 dengan fabrikasi 6nm yang mendukung Dual on 5G. Baterainya berkapasitas 4.200 mAh. Pengisian daya dari 1% hingga 68% hanya butuh 30 menit lewat fitur 44W FlashCharge.

vivo V23 5G juga dilengkapi NFC Multifunctions yang mampu mengisi ulang uang elektronik, mentransfer data, hingga duplikasi kartu akses.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3043 seconds (0.1#10.140)