Kapasitas Bandwidth Internet Indonesia Tembus 55 Terabyte

Sabtu, 05 Februari 2022 - 09:45 WIB
loading...
Kapasitas Bandwidth Internet Indonesia Tembus 55 Terabyte
Kecepatan internet di Indonesia tembus 55 Terabyte. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pemerintah memproyeksikan kebutuhan kapasitas pita lebar bandwidth internet di Indonesia pada 2025 mencapai 55 terabyte perdetik atau persecond (tbps). Penambahan kapasitas ini mengingat program transformasi digital akan makin masif dari tahun ke tahun.


Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, dalam rapat Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL), bersama operator seluler di Jakarta pada Jumat (4/2/2021).



Menkominfo mengatakan, dengan proyeksi kebutuhan yang terus meningkat, maka konsolidasi diperlukan supaya tata kelola SKKL di Indonesia, berjalan lebih baik dan lebih teratur untuk mendukung agenda transformasi digital nasional.

Dalam hal itu, konsolidasi diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam pengelolaan SKKL, terutama yang berkaitan dengan ketidakberimbangan antara pita lebar bandwidth domestik dan internasional perkapita.

Dibandingkan 2019, katanya, kapasitas bandwidth di Indonesia perkapita hanya berkisar 0,063 dengan ranking cukup rendah di negara ASEAN,.

“Ini karena luas wilayah negara dan jumlah penduduk Indonesia yang besar,” ujar Menkominfo Johnny sebagaimana dikutip dari media resmi Kominfo,.


Menkominfo menjelaskan, proyeksi kebutuhan kapasitas bandwidth pada 2025 yang mencapai 55 tbps itu, melonjak tiga kali lipat lebih besar dibanding kapasitas bandwith yang ada pada 2020 sebesar 18,1 tbps.


“Berarti kita butuh besar sekali kapasitasnya, tiga kali lipat kapasitas yang ada di 2020 dalam empat atau tiga tahun ke depan. Karena kebutuhannya begitu besar, maka tata kelolanya juga harus besar, harus baik,” jelas Menkominfo.

Karena itu, Menkominfo berharap industri telekomunikasi yang menjadi mitra kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bisa melakukan konsolidasi untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik terkait proses transformasi digital.


Menurut Johnny, koordinasi dan konsolidasi harus dilakukan oleh seluruh penyelenggara layanan telekomunikasi fiber optik, khususnya SKKL.


“Transformasi digital itu, bukan hanya untuk kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia, juga untuk kepentingan perusahaan nasional kita. Inilah prasyarat utama, dan sekarang waktunya konsolidasi, khususnya di industri telekomunikasi,” lanjut Menkominfo.


Bandwidth adalah kapasitas yang dapat digunakan pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dengan maksimal tertentu. Pengertian lain dari bandwidth internet adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

Jadi bandwidth internet merupakan kapasitas maksimal jalur komunikasi untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6030 seconds (0.1#10.140)