Google Perkenalkan Tampilan Baru Gmail, Mudahkan Peralihan Antar Aplikasi

Selasa, 01 Februari 2022 - 18:54 WIB
loading...
Google Perkenalkan Tampilan Baru Gmail, Mudahkan Peralihan Antar Aplikasi
Untuk pelanggan Workspace, kolom aplikasi baru Gmail mempermudah peralihan karena Google mengintegrasikan penelusuran di Gmail dan Chat. Foto/Depor
A A A
Untuk pelanggan Workspace, kolom aplikasi baru Gmail mempermudah peralihan karena Google mengintegrasikan penelusuran di Gmail dan Chat. Google telah merinci peluncuran bertahap tampilan Gmail baru yang bertujuan untuk mempermudah navigasi di seluruh aplikasi Gmail, Chat, Spaces, dan Meet.

“’Tampilan terintegrasi’ baru untuk Gmail dimaksudkan untuk membuatnya ‘mudah berpindah di antara aplikasi penting seperti Gmail, Obrolan, dan Meet di satu lokasi terpadu’”, keterangan Google dikutip SINDOnews dari laman zdnet, Selasa (1/2/2022).

Tata letak yang didesain ulang menambahkan kolom aplikasi ramping di sisi kiri layar dengan ikon pintasan untuk beralih antara Mail, Chat, Spaces, dan Meet. Tampilan itu diatapi menu hamburger yang dapat diperluas. Di sebelah kanan kolom baru adalah menu label Gmail standar untuk akses ke Inbox, Starred, Snoozed dan sebagainya.



Ini bukan desain ulang yang dramatis untuk pengguna Gmail, tetapi Google berharap, akan memudahkan untuk beralih di antara aplikasi komunikasinya. Desain ulang Gmail 2020 yang membawa aplikasi Workspace seperti Dokumen ke latar depan melalui kolom sisi kanan tetap ada.

Google juga merinci peluncuran bertahap untuk tampilan terintegrasi, yang selesai di beberapa titik di kuartal kedua 2022 ketika itu menjadi pengalaman Gmail standar. Sampai saat itu, pengguna dapat mencobanya dan kembali ke tampilan klasik melalui Pengaturan .

Mulai 8 Februari 2022, pengguna Gmail dapat ikut serta dalam pengalaman baru dan kembali ke Gmail klasik melalui pengaturan, menurut posting blog pembaruan Workspace Google. Google akan memperbarui blog pembaruan Workspace dengan detail lebih lanjut saat peluncuran dimulai.

Pada bulan April, pengalaman baru akan menjadi default untuk semua pengguna terlepas dari apakah mereka telah memilih untuk ikut serta. Namun, pengguna dapat kembali ke Gmail klasik melalui setelan.



Peralihan paksa besar terjadi pada akhir kuartal kedua (Q2) 2022 dan tidak akan ada opsi untuk kembali ke Gmail klasik. Google kemudian berencana untuk meluncurkan pengalaman navigasi baru yang disederhanakan untuk Obrolan di web. Pada saat itu, pengguna tidak lagi dapat mengonfigurasi Obrolan untuk ditampilkan di sisi kanan Gmail.

"Saat diaktifkan, menu navigasi baru memungkinkan Anda dengan mudah beralih antara kotak masuk, percakapan penting, dan bergabung ke rapat tanpa harus beralih antar tab atau membuka jendela baru," kata Google mengimbau pengguna untuk menguji tampilan terintegrasi.

Tampilan baru menawarkan gelembung notifikasi untuk memfokuskan perhatian pengguna pada tugas baru. Pengguna dapat melihat daftar lengkap percakapan di Chat dan Spaces dalam satu layar untuk navigasi yang lebih mudah dan interaksi yang lebih cepat.

Dalam beberapa bulan, Google juga akan mengizinkan pengguna melihat email dan hasil obrolan saat menggunakan kotak pencarian untuk menghindari keharusan memfilter hasil pencarian dari setiap produk.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)