Terapkan 7 Kebiasaan ini untuk Proteksi Penggunaan Gadget pada Anak

Senin, 31 Januari 2022 - 12:30 WIB
loading...
Terapkan 7 Kebiasaan ini untuk Proteksi Penggunaan Gadget pada Anak
Hal ini yang harus dilakukan untuk kontrol anak bermain HP. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di era digital seperti saat ini, anak-anak memang tak dapat sepenuhnya dijauhkan dari perangkat gadget atau internet.

Setiap keputusan soal penggunaan gadget memang dikembalikan kepada masing-masing orang tua. Namun ada pentingnya mencatat hal-hal ini untuk anak di era digital agar tak terus-menerus dibombardir oleh arus informasi.



Berikut Kaspersky dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/1) membagikan tujuh kebiasaan yang akan membantu anak beradaptasi dengan gadget dan internet.

1. Jadwalkan waktu tanpa perangkat

Ketika anak-anak menghabiskan banyak waktu menggunakan teknologi, mereka dapat memiliki rasa kecanduan. Menurut peneliti dari American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, kecanduan ini dapat menyebabkan masalah tidur, perubahan suasana hati, penambahan berat badan, citra diri
yang buruk, dan masalah citra tubuh.

Para ahli menyarankan untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia online dengan secara bertahap meningkatkan waktu layar mereka dan menghapus batasan.

Beberapa tips ini berlaku untuk anak-anak dari segala usia, yang paling sederhana dan paling efektif termasuk tidak menggunakan perangkat yang dekat dengan waktu tidur dan matikan perangkat saat malam.

Anda juga harus menyepakati waktu lain ketika anak-anak tidak diperbolehkan menggunakan gadget mereka, seperti saat makan bersama keluarga.

2. Simpan charger
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8115 seconds (0.1#10.140)