Apple Tambal Bug yang Bersarang di Browser Safari

Kamis, 20 Januari 2022 - 11:15 WIB
loading...
Apple Tambal Bug yang Bersarang di Browser Safari
Ilustrasi salah satu model ponsel buatan Apple. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - Awal pekan ini, FingerprintJS mengungkapkan ada bug serius di browser web Safari Apple yang memungkinkan siapa pun mengekstrak riwayat penjelajahan pengguna dan bahkan ID Pengguna Google.

Mengenai laporan tersebut, Apple sekarang dilaporkan sedang menambal bug ini yang diharapkan akan segera dirilis ke pengguna.



Berdasarkan WebKit di GitHub, teknisi Apple telah menyiapkan perbaikan untuk bug Safari yang membocorkan data pengguna.

Sekedar informasi, WebKit adalah mesin browser Apple yang mendukung Safari dan browser web lainnya.

Melansir laman 9to5 Mac, Kamis (20/1), bug ditemukan dalam implementasi IndexedDB, yang merupakan API Javascript yang digunakan untuk menyimpan data.

Situs web berbahaya dapat menggunakan exploit untuk melihat URL yang baru-baru ini dikunjungi oleh pengguna dan bahkan mendapatkan ID Pengguna Google, yang dapat digunakan untuk menemukan informasi pribadi pengguna.

Apple belum memberikan detail kapan perbaikan akan tersedia untuk pengguna. Namun, seperti yang dicatat oleh MacRumors, perbaikan tersebut mengharuskan Apple untuk merilis versi terbaru iOS 15 dan macOS Monterey untuk menyertakan Safari versi baru menggunakan mesin WebKit terbaru.

Apple saat ini menjalankan pengujian dengan iOS 15.3 beta dan macOS Monterey 12.2 beta, jadi mungkin pembaruan beta berikutnya akan membawa perbaikan untuk bug Safari.

Perlu dicatat bahwa versi WebKit yang digunakan di Safari 14 , yang merupakan versi untuk iOS 14, tidak terpengaruh oleh bug.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3398 seconds (0.1#10.140)