Cara Cepat Membersihkan Cache WhatsApp di Android Biar Ponsel Gak Lemot

Minggu, 16 Januari 2022 - 14:03 WIB
loading...
Cara Cepat Membersihkan Cache WhatsApp di Android Biar Ponsel Gak Lemot
Cara cepat membersihkan cache WhatsApp di Android bisa dilakukan dengan dua cara, melalui aplikasi WA langsung atau menggunakan menu pengaturan ponsel. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara cepat membersihkan cache WhatsApp di Android bisa dilakukan dengan dua cara, melalui aplikasi WA langsung atau menggunakan menu pengaturan ponsel.

Dengan menghapus cache secara berkala, maka data yang menumpuk di ponsel akan dibuang dan akan membuat kinerja HP kembali optimal.

Cache adalah data yang tersimpan secara otomatis di ponsel begitu Anda membuka aplikasi atau browser. Setiap aplikasi pasti memiliki file chace dan membutukan ruang penyimpanan.



Seringnya Anda menggunakan WhatsApp juga akan membuat cache menumpuk di penyimpanan aplikasi ponsel. Jika tidak dibuang secara berkala, cache yang menumpuk itu akan membuat kinerja ponsel menjadi lemot.

Melambatnya kerja ponsel karena menumpuknya penggunaan data di WhatsApp , baik itu data video, audio, stiker, foto, maupun dokumen lain yang dibagikan di grup WA.

Untuk kembali membuat kinerja ponsel tidak lemot, berikut cara cepat membersihkan cache WhatsApp di android biar hp kembali ngebut:

1. Hapus Cache dari Aplikasi WA

Cara pertama untuk menghapus cache WhatsApp bisa kamu lakukan langsung dari aplikasi. Berikut caranya:

- Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel > ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas > ketuk 'Setelan.'

- Setelah masuk ke 'Setelan', lalu pilih 'Penyimpanan dan Data.' Kemuduian pada bagian atas pilih menu 'Kelola Penyimpanan'.



- Begitu menu 'Kelola Penyimpanan' terbuka, akan terlihat besaran cache yang tersedia melalui bar kuning panjang dan hijau.

- Pada bagian tengah bar akan muncul file foto dan video dengan besar file lebih dari 5 MB. Anda bisa menghapus sekaligus dengan mengklik tanda '>' di bagian kanan lalu ketuk tanda tempat sampah di pojok kanan atas.

- Pada bagian bawah bar, terdapat kontak atau grup yang paling banyak cache chat. Pilih kontak atau grup yang menurut Anda paling banyak menggunakan cache. Anda juga bisa memilih semua sekaligus dengan memberi tanda contreng pada menu Pilih Semua.

2. Hapus Cache dari Menu Pengaturan Ponsel

Selain menghapus cache melalui aplikasi WhatsApp , Anda juga bisa melakukannya melalui menu pengaturan ponsel. Berikut caranya:



- Buka menu pengaturan di ponsel Anda lalu scroll hingga menemukan 'Aplikasi' dan ketuk opsi tersebut dan akan berpindah ke meu 'Kelola Aplikasi.'

- Setelah itu cari aplikasi WhatsApp > Penyimpanan > Hapus Data > Bersihkan Cache. Setelah itu ketuk 'Oke' dan seluruh chace di WhatsApp akan terhapus.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2500 seconds (0.1#10.140)