Trafik Libur Nataru XL Axiata Meroket Gara-Gara Game Online

Rabu, 05 Januari 2022 - 21:24 WIB
loading...
Trafik Libur Nataru XL Axiata Meroket Gara-Gara Game Online
Aktifitas Gamers di XL Axiata naik hingga 183%, menyumbang trafik data yang tinggi. Foto: dok XL Axiata
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat terjadinya peningkatan dalam penggunaan trafik data mereka hingga 38% selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Peningkatan ini salah satunya didorong oleh aktifitas para pemain game online (gamers) yang meningkat hingga 183%.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, kenaikan penggunaan data tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7% dan trafik Tahun Baru 15% dibandingkan hari normal.

BACA JUGA: Unboxing dan Review Galaxy S21 FE 5G, Flagship Terjangkau Samsung di 2022!

Seperti yang diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3% dibanding hari biasa.

”Sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data. Untuk menjaga kualitas layanan kami melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, mengerahkan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu,” terang Gede, Rabu (5/1).

Data XL Axiata juga menunjukkan tinginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru.

Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2% dibandingkan hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4% dan lain-lain 4%.

Dari sisi kenaikan trafik, aktivitas games meningkat hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1063 seconds (10.55#12.26)