Teori Gila Misteri Bitcoin Satoshi Nakamoto, Dari Alien dan Kriptografer Bunuh Diri

Selasa, 04 Januari 2022 - 17:00 WIB
loading...
Teori Gila Misteri Bitcoin Satoshi Nakamoto, Dari Alien dan Kriptografer Bunuh Diri
Satoshi Nakamoto meninggalkan harta senilai Rp913,6 triliun di Bitcoin. Tidak heran jika hanya alien yang tidak tergoda harta yang ditinggalkan itu. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Nama Satoshi Nakamoto mencuat kembali dibicarakan sebagai pencipta Bitcoin setelah orang nomor satu di Tesla, Elon Musk yakin bahwa Nick Szabo adalah sosok asli di balik nama yang menggemparkan dunia itu. Diketahui dalam wawancaranya dengan Business Insider, pria kelahiran 28 Juni 1971 itu memang menyebut nama Nick Szabo sebagai kreator Bitcoin.

Elon Musk mengatakan kepada peneliti kecerdasan buatan Lex Fridman, bahwa identitas Satoshi Nakamoto bisa ditelusuri lewat siapa yang menulis tentang ide-ide tersebut. “Anda harus memperhatikan dan dapat melihat ide sebelum peluncuran bitcoin dan melihat siapa yang menulis tentang ide-ide itu,” kata Elon Musk.

Menurut Elon Musk, sepertinya Nick Szabo mungkin lebih dari siapapun bertanggung jawab atas evolusi ide-ide tersebut. Hanya saja analisa Elon Musk dengan Nick Szabo bukan satu-satunya dugaan yang beredar di dunia maya. Membicarakan Satoshi Nakomoto justru menghadirkan segudang analisa.

Sosok aslinya pun dipertanyakan benar-benar ada atau hanya rekayasa. Bisa dikatakan Satoshi Nakamoto adalah misteri yang tidak bisa dipecahkan. Pasalnya semua orang, seperti Elon Musk, punya teori masing-masing siapa sosok sebenarnya Satoshi Nakamoto.

Itulah yang terjadi pada Satoshi Nakamoto. Banyak nama dimunculkan sebagai sosok yang bertanggungjawab di balik nama Satoshi Nakamoto. Hanya saja tidak ada satu pun yang mau mengakuinya. Tidak ada satu pun orang yang secara nyata mau jadi pewaris kreator mata uang digital itu.

Meski sosoknya tidak ada di dunia nyata, eksistensi Satoshi Nakomoto begitu dominan di dunia maya. Pandangan-pandangannya tertuang lewat forum-forum kriptografi. Dia menciptakan jutaan pengikut yang memuja-muja namanya.



Teori Gila Misteri Bitcoin Satoshi Nakamoto, Dari Alien dan Kriptografer Bunuh Diri


Hanya saja semuanya justru berakhir pada Mei 2011. Saat itu Satoshi Nakamoto mengunggah salam perpisahan dengan forum-forum kriptografi. "Saya pindah ke hal lain dan mungkin tidak akan hadir lagi di masa depan," tulis Satoshi Nakamoto.

Sesudahnya nama Satoshi Nakamoto benar-benar lenyap seolah ditelan bumi. Dia sama sekali tidak muncul lagi meski saat ini nilai total Bitcoin miliknya malah sudah mencapai USD64 miliar atau setara Rp913,6 triliun. Harta sebesar itu hingga kini tidak pernah sekali pun disentuh.

Dari situ, tidak heran jika saat ini misteri mengenai Satoshi Nakamoto terus bermunculan hingga kini. Salah satunya adalah sosok Nick Szabo yang juga didengungkan oleh Elon Musk.

Diketahui jauh sebelum Bitcoin hadir, Nick Szabo juga sudah membuat kriptografi lain bernama Bit Gold. Kemampuan yang mendalam di bidang kriptografi itulah yang membuat Nick Szabo sangat relevan sebagai sosok asli Satoshi Nakamoto. Namun, Nick Szabo menyangkal segala keterlibatan dengan Bitcoin.

Selain Nick Szabo, seorang ilmuwan komputer Craig Wright juga adalah salah seorang kandidat yang mungkin. Craig Wright bahkan mengklaim bahwa ia adalah Nakamoto. Ia memiliki latar belakang di bidang keamanan, teknologi dan keuangan. Namun, karena kurangnya bukti, dan kontroversi yang menyelimuti bukti-bukti yang diberikan oleh Craig Wright, klaimnya akan tahta Bitcoin ini pun dianggap sebagai hoax belaka.

Walaupun demikian, ada juga kemungkinan bahwa Nick Szabo dan Craig Wright sama-sama terlibat dalam pembuatan Bitcoin. Sejauh apa keterlibatan mereka, itulah yang masih dipertanyakan.



Teori Gila Misteri Bitcoin Satoshi Nakamoto, Dari Alien dan Kriptografer Bunuh Diri


Selain kedua orang itu sosok lainnya adalah Len Sassaman dan Dorian Nakamoto. Pria bernama lengkap Leonard Harris Sassaman itu adalah sosok pertama bersama Hal Finney yang menerima Bitcoin.

Dua bulan setelah Satoshi Nakamoto memutuskan undur diri pada Mei 2011, Len Sassaman justru bunuh diri karena depresi. Uniknya setelah itu kontak dengan Satoshi Nakamoto benar-benar menghilang.

Sementara nama Dorian Nakamoto pertama kali dimunculkan oleh Newsweek pada 2014. Newsweek mengklaim beberapa kesamaan antara Satoshi Nakamoto dan Dorian Nakamoto.

Misalnya, keduanya diduga memiliki kecenderungan libertarian dan koneksi Jepang. Dorian, yang lulus dalam fisika dari Politeknik California dan bekerja pada proyek pertahanan rahasia, adalah orang Jepang-Amerika. Penulis artikel tersebut juga mengklaim bahwa Dorian Nakamoto mengatakan bahwa dia “tidak lagi” terlibat dengan Bitcoin dan bahwa dia telah “menyerahkannya” kepada orang lain.

Dorian Nakamoto kemudian membantah kutipan tersebut dan mengklaim bahwa dia telah salah memahami pertanyaan tersebut. Dia mengatakan kepada Associated Press, "Saya tidak ada hubungannya dengan itu.

Teori-teori ini tidak berhenti disini. Ada pula beberapa gagasan-gagasan tidak biasa yang bermunculan. Satoshi Nakamoto bisa jadi merupakan gabungan dari nama empat perusahaan teknologi Samsung, Toshiba, Nakamichi dan Motorola

Salah satu teori lainnya menyebutkan bahwa Bitcoin dibuat oleh CIA, atau agensi pemerintah lainnya. Nama Satoshi Nakamoto diterjemahkan sebagai pusat intelijen. Berdasarkan teori ini, kemampuan Nakamoto untuk menyembunyikan identitasnya mengindikasikan adanya pelatihan intelijen.

Namun yang lebih gila lagi adalah teori yang mengatakan bahwa Satoshi Nakamoto adalah alien . Menurut teori ini, Bitcoin adalah hasil dari pemikiran makhluk luar angkasa. Harta ditinggalkan yang sangat besar hingga triliunan rupiah itulah yang seakan menegaskan hanya alien yang tidak tertarik dengan uang sebesar itu.

Teori mana yang dipilih? Setiap orang yang eksis di dunia kriptografi sendiri tidak merisaukan siapa sosok sejati Satoshi Nakamoto. Setidaknya bagi mereka Satoshi Nakamoto telah meninggalkan sebuah karya besar di dunia digital yang bisa membuat mereka kaya raya dan jatuh miskin seketika.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)