Teori Gila Misteri Bitcoin Satoshi Nakamoto, Dari Alien dan Kriptografer Bunuh Diri

Selasa, 04 Januari 2022 - 17:00 WIB
loading...
Teori Gila Misteri Bitcoin Satoshi Nakamoto, Dari Alien dan Kriptografer Bunuh Diri
Satoshi Nakamoto meninggalkan harta senilai Rp913,6 triliun di Bitcoin. Tidak heran jika hanya alien yang tidak tergoda harta yang ditinggalkan itu. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Nama Satoshi Nakamoto mencuat kembali dibicarakan sebagai pencipta Bitcoin setelah orang nomor satu di Tesla, Elon Musk yakin bahwa Nick Szabo adalah sosok asli di balik nama yang menggemparkan dunia itu. Diketahui dalam wawancaranya dengan Business Insider, pria kelahiran 28 Juni 1971 itu memang menyebut nama Nick Szabo sebagai kreator Bitcoin.

Elon Musk mengatakan kepada peneliti kecerdasan buatan Lex Fridman, bahwa identitas Satoshi Nakamoto bisa ditelusuri lewat siapa yang menulis tentang ide-ide tersebut. “Anda harus memperhatikan dan dapat melihat ide sebelum peluncuran bitcoin dan melihat siapa yang menulis tentang ide-ide itu,” kata Elon Musk.

Menurut Elon Musk, sepertinya Nick Szabo mungkin lebih dari siapapun bertanggung jawab atas evolusi ide-ide tersebut. Hanya saja analisa Elon Musk dengan Nick Szabo bukan satu-satunya dugaan yang beredar di dunia maya. Membicarakan Satoshi Nakomoto justru menghadirkan segudang analisa.

Sosok aslinya pun dipertanyakan benar-benar ada atau hanya rekayasa. Bisa dikatakan Satoshi Nakamoto adalah misteri yang tidak bisa dipecahkan. Pasalnya semua orang, seperti Elon Musk, punya teori masing-masing siapa sosok sebenarnya Satoshi Nakamoto.

Itulah yang terjadi pada Satoshi Nakamoto. Banyak nama dimunculkan sebagai sosok yang bertanggungjawab di balik nama Satoshi Nakamoto. Hanya saja tidak ada satu pun yang mau mengakuinya. Tidak ada satu pun orang yang secara nyata mau jadi pewaris kreator mata uang digital itu.

Meski sosoknya tidak ada di dunia nyata, eksistensi Satoshi Nakomoto begitu dominan di dunia maya. Pandangan-pandangannya tertuang lewat forum-forum kriptografi. Dia menciptakan jutaan pengikut yang memuja-muja namanya.



Teori Gila Misteri Bitcoin Satoshi Nakamoto, Dari Alien dan Kriptografer Bunuh Diri


Hanya saja semuanya justru berakhir pada Mei 2011. Saat itu Satoshi Nakamoto mengunggah salam perpisahan dengan forum-forum kriptografi. "Saya pindah ke hal lain dan mungkin tidak akan hadir lagi di masa depan," tulis Satoshi Nakamoto.

Sesudahnya nama Satoshi Nakamoto benar-benar lenyap seolah ditelan bumi. Dia sama sekali tidak muncul lagi meski saat ini nilai total Bitcoin miliknya malah sudah mencapai USD64 miliar atau setara Rp913,6 triliun. Harta sebesar itu hingga kini tidak pernah sekali pun disentuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)