WhatsApp Tambah Fitur yang Membuat Pengguna Tak Bisa Dilacak Aplikasi Mata-mata

Selasa, 14 Desember 2021 - 07:00 WIB
loading...
WhatsApp Tambah Fitur yang Membuat Pengguna Tak Bisa Dilacak Aplikasi Mata-mata
WhatsApp meluncurkan fitur privasi baru yang akan menutup celah aplikasi mata-mata melacak pengguna. Foto/dok
A A A
MENLO PARK - WhatsApp meluncurkan fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status terakhir terlihat oleh orang yang tidak Anda kenal atau belum mengobrol dengan aplikasi. Fitur baru ini juga akan menutup celah aplikasi mata-mata melacak pengguna WhatsApp.

Dikutip dari The Verge, Selasa (14/12/2021), sebelumnya WhatsApp menyetel fitur "Semua Orang" secara default yang memungkinkan siapa pun di WhatsApp untuk melihat status Anda. Namun fitur baru ini membatasi visibilitas status Anda kepada orang-orang yang telah Anda tambahkan di platform, dan sebagai gantinya mengatur fitur ke "Kontak Saya" secara default.

BACA: Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp, Biar Chatting Tambah Seru

Dalam sebuah posting di Twitter, WhatsApp menjelaskan bahwa Anda mungkin tidak dapat melihat status orang lain di platform lagi. “Kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum mengobrol dengan Anda untuk melihat terakhir terlihat dan kehadiran online Anda di WhatsApp,” bunyi email tersebut.

Opsi "Kontak Saya" untuk status "terakhir terlihat" Anda sudah tersedia, tetapi tidak pernah menjadi default pada aplikasi. Perlu juga dicatat bahwa WhatsApp sudah memiliki opsi "Tidak Ada" untuk mencegah semua pengguna melihat status Anda.

BACA JUGA: Ilmuwan Ungkap Kenapa Orang Gemuk Lebih Mudah Jadi Korban COVID-19

Status Anda di WhatsApp memungkinkan kontak lain mengetahui kapan terakhir kali Anda online atau sedang menggunakan aplikasi tersebut. Ini mungkin tampak seperti cara yang tidak berbahaya untuk melacak teman dan keluarga Anda, namun WABetaInfo menunjukkan bahwa beberapa aplikasi pihak ketiga benar-benar memanfaatkan fitur ini.

Aplikasi ini dapat mengagregasi status pengguna tertentu, yang memungkinkan beberapa pengguna untuk sedikit mengawasi orang lain yang menggunakan platform.

Mengaktifkan opsi "Kontak Saya" mencegah aplikasi pihak ketiga mencatat status online Anda. Karena aplikasi tidak dianggap sebagai salah satu kontak Anda, dan oleh karena itu, aplikasi tidak akan dapat melihat status Anda.

BACA JUGA: Ducati Siap Luncurkan Motor Segala Medan DesertX 2022

Ini bukan satu-satunya perubahan yang dilakukan WhatsApp ke status "terakhir terlihat". Pada bulan November, WABetaInfo menemukan bahwa aplikasi perpesanan mulai menguji opsi, yang disebut "Kontak Saya Kecuali... yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status mereka dari kontak tertentu.

WhatsApp juga telah bekerja untuk meningkatkan privasi pengguna dengan memperkenalkan opsi untuk menjadikan fitur perpesanan yang menghilang sebagai default.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1168 seconds (10.101#12.26)