Instagram Siapkan Fitur Baru untuk Mengontrol Anak Berselancar di Internet

Rabu, 08 Desember 2021 - 15:01 WIB
loading...
Instagram Siapkan Fitur Baru untuk Mengontrol Anak Berselancar di Internet
Instagram akan meluncurkan fitur kontrol orang tua baru di platformnya pada Maret tahun depan. FOTO/ IST
MENLO PARK - Instagram akan meluncurkan fitur kontrol orang tua baru di platformnya pada Maret tahun depan. Kebijakan baru itu diumumkan oleh Kepala Layanan Instagram Adam Mosseri dalam sebuah postingan blog.

Platform jejaring sosial itu akan mengizinkan orang tua dan wali untuk melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan anak remaja mereka di Instagram, menetapkan batas waktu, dan mendapatkan pemberitahuan jika anak mereka melaporkan seseorang.

BACA JUGA - Lindungi Remaja, Instagram kini Buat Fitur Baru Take a Break

Mengutip laman The Verge, Rabu (8/12/2021), kontrol diumumkan sebagai paket fitur baru yang dirancang untuk membuat platform menjadi tempat yang lebih aman, terutama bagi pengguna remaja.

Meskipun postingan Mosseri mengatakan bahwa fitur keamanan ini telah bekerja “lama”, pengumuman mereka muncul setelah serangkaian pengungkapan tentang jejaring sosial milik Meta.



Terutama, dokumen internal yang dibocorkan oleh Frances Haugen menunjukkan bahwa Instagram sadar bahwa layanannya dapat memperburuk masalah citra tubuh bagi pengguna remaja wanitanya.

Pekan ini, Mosseri diketahui akan bersaksi di depan komite Senat, di mana ia kemungkinan akan ditanyai tentang dampak Instagram pada pengguna mudanya.

Bersamaan dengan kontrol orang tua baru, Instagram mengatakan sedang mengembangkan pusat pendidikan bagi orang tua dan wali untuk menawarkan tips dan tutorial tentang penggunaan media sosial anak-anak.

Dalam waktu dekat, Instagram mengatakan juga akan meluncurkan fitur "Ambil Istirahat" yang mulai diuji bulan lalu.

Fitur keikutsertaan ini meminta pengguna untuk menjauh dari aplikasi setelah mereka menggunakan Instagram untuk jangka waktu tertentu, seperti 10, 20, atau 30 menit. Notifikasi akan meminta pengguna untuk mengaktifkan fitur tersebut, dan Instagram mengatakan 90 persen pengguna dalam pengujian telah meninggalkan pengingat setelah mereka disetel.

Fitur ini diluncurkan di AS, Inggris, Irlandia, Kanada, Selandia Baru, dan Australia, dan akan tersedia secara global awal tahun depan.
(wbs)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE