Bikin Heboh, India Klaim Siap Bangun Jaringan 6G di Awal 2024

Kamis, 25 November 2021 - 18:07 WIB
loading...
Bikin Heboh, India Klaim Siap Bangun Jaringan 6G di Awal 2024
Jaringan 6G di India dijadwalkan akan meluncurkan pada akhir 2023 atau awal 2024. Foto: ist
JAKARTA - Jaringan 6G di India dijadwalkan akan meluncurkan pada akhir 2023 atau awal 2024. India mengklaim sedang bekerja membangun teknologi 6G yang dikembangkan secara lokal.

Menteri Komunikasi India Ashwini Vaishnaw mengatakan, jaringan 6G ini dijadwalkan akan meluncurkan pada akhir 2023 atau awal 2024.

BACA JUGA: Waspada! Ini 5 Jenis Serangan Siber yang Mengancam HP Anda!

Berbicara dalam webinar yang diselenggarakan oleh Financial Times dan The Indian Express, Vaishnaw mengatakan izin yang diperlukan telah diberikan kepada ilmuwan dan insinyur yang bekerja pada teknologi 6G.



”Kami akan merancang perangkat lunak telekomunikasi India untuk menjalankan jaringan, peralatan telekomunikasi yang diproduksi di India, disajikan di jaringan telekomunikasi India yang dapat mendunia,” kata Ashwini, dilansir Indian Express, Kamis (25/11).

Selain 6G, peluncuran 5G juga sedang direncanakan. Untuk pembangunan 5G ini dilakukan dengan pengembangan perangkat lunak untuk teknologi yang akan selesai pada kuartal ketiga tahun depan.

Sementara lelang untuk spektrum 5G juga kemungkinan akan terjadi pada kuartal kedua tahun kalender 2022.

BACA JUGA: Hati-Hati Sticker Add Yours Instagram Jadi Celah Kejahatan dan Pencurian Data

”Referensi telah dibuat ke TRAI (Telecom Regulatory Authority of India) untuk lelang spektrum 5G. Mereka sudah memulai proses konsultasi,” tuturnya.
Prosesnya harus berakhir dalam waktu Februari-Maret di tahun depan. Kemudian proses lelang akan dilakukan pada Q2 tahun kalender 2022.
(dan)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE