Data Pribadi Pengguna Instagram Stories Rentan Bocor Lewat Add Yours

Rabu, 24 November 2021 - 16:04 WIB
loading...
Data Pribadi Pengguna Instagram Stories Rentan Bocor Lewat Add Yours
Pengguna Instagram Stories belakangan bahasan soal tren Add Yours ini dipakai untuk penipuan. foto/ IST
A A A
JAKARTA - Instagram diketahui baru saja meluncurkan stiker Add Yours atau Balasan Anda ke pengguna di Indonesia. Kehadiran stiker baru ini langsung menjadi tren di kalangan pengguna Instagram.

Namun sayangnya, belakangan bahasan soal tren 'Add Yours' ini dipakai untuk penipuan. Tidak sedikit pengguna yang terjebak memberikan data pribadi lewat Instagram Stories sehingga membuat tangan-tangan jahil mengetahuinya.



Salah satunya diungkap melalui tweet yang viral dari @ditamoechtar_. Ia mengungkapkan temannya jadi korban penipuan karena mengikuti tren Add Yours dan memberikan nama panggilan pribadinya.

"Pagi tadi temen saya telepon, nangis-nangis abis ditipu katanya. Biasalah penipu yang telepon minta transfer gitu," tulisnya seperti dikutip dari akun Twitter-nya.

Setelah diingat kembali, ternyata temannya baru saja mengikuti tantangan variasi panggilan nama yang ada di Instagram Stories lewat fitur stiker Add Yours.

"Yang bikin teman saya percaya, si penipu manggil dia 'pim'. 'Pim' adalah panggilan kecil teman saya yang hanya orang dekat yang tau. Terus diingat dia abis ikutan ini." terangnya.

Tweet ini kemudian mendapat banyak tanggapan dari para warganet. Mereka banyak yang mempertanyakan tentang orang yang mengungkap data pribadi mereka lewat fitur Add Yours.

"Challenge minta sebut selisih usia dengan pasangan, malah nulis tanggal bulan tahun lahir," kata seorang warganet.

"Nunggu challenge foto selfie sama ktp nya aja nih yang belum,"ujar yang lain.

"Ikutan ginian sebenernya gaada salahnya, tapi jangan yang menyangkut hal-hal privasi aja gitu, kalau hal umum sih santai aja, harus milih-milih juga," tutur pengguna lain.

"Harusnya yang gini tuh buat lucu lucuan aja, ga perlu sesuai yang sebenarnya,"
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2492 seconds (0.1#10.140)