Jual Part, Apple Mudahkan Pengguna iPhone Perbaiki Ponsel Sendiri

Kamis, 18 November 2021 - 08:00 WIB
loading...
Jual Part, Apple Mudahkan Pengguna iPhone Perbaiki Ponsel Sendiri
Kebijakan baru Apple menjual part untuk pengguna datang dengan persyaratan tertentu. Foto/IST
A A A
CUPERTINO - Apple membuat kejutan dengan berencana menjual part iPhone dan iMac guna memudahkan pengguna memperbaiki sendiri kedua perangkat itu di rumah. Tidak hanya menjual part secara terpisah, perusahaan elektronik berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu juga memberikan instruksi manual cara memperbaiki kerusakan yang terjadi di kedua perangkat itu.

Disebutkan The Verge, Apple akan mulai menjual part iPhone 12 dan iPhone 13. Setelahnya dilanjutkan dengan penjualan chip yang dibutuhkan iMac. Berkat kebijakan itu nantinya pengguna iPhone dapat mengganti layar baterai dan kamera tanpa harus kerepotan mendatangi pusat servis yang disediakan Apple.



Jual Part, Apple Mudahkan Pengguna iPhone Perbaiki Ponsel Sendiri


Apple menyebut program itu "Self Service Repair", dan akan diluncurkan "awal tahun depan" di Amerika Serikat dan kemudian diperluas ke negara lain. Namun tidak semua pengguna iPhone dan iMac bisa memanfaatkan kebijakan itu. Program itu hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki kemampuan dan pengalaman untuk memperbaiki perangkat elektronik. Di luar itu, mereka tetap harus menggunakan jasa profesional.

Disebutkan The Verge Perubahan itu juga membantu memperkuat Apple dalam layanan purna jual. Pasalnya kebijakan yang sama sebenarnya sudah dilakukan untuk pihak ketiga yang memang menjual jasa perbaikan iPhone dan iMac.



Langkah Apple menjual part itu disambut positif oleh pusat servis ponsel iPhone, iFixit. Menurut Elizabeth Chamberlain, Direktur iFixit, hal itu menunjukkan pengakuan Apple terhadap kemampuan teknisi dan pihak ketiga dalam mengatasi masalah yang ada di perangkat buatan Apple.

Hanya saja masih ada beberapa catatan yang menurut dia sedikit mengganjal. Misalnya pembelian yang harus tetap dilakukan melalui Apple. "Ini masih tidak sesuai dengan keinginan kami yang ingin melakukan perbaikan melalui sistem open source," ucapnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)