Netflix Masuk ke Dunia Game, App Store Bakal Menghadang

Selasa, 09 November 2021 - 09:04 WIB
loading...
Netflix Masuk ke Dunia Game, App Store Bakal Menghadang
Awal bulan ini, Netflix secara resmi masuk ke industri game dengan meluncurkan layanan game seluler untuk pengguna Android. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Awal bulan ini, Netflix secara resmi masuk ke industri game dengan meluncurkan layanan game seluler untuk pengguna Android.

Netflix saat ini mengatakan bahwa mereka sedang bekerja pada versi layanan iOS. Namun menurut laporan Bloomberg, kebijakan App Store Apple akan menghalangi Netflix membuat game tersedia dari aplikasinya.

Apple melarang aplikasi pihak ketiga berfungsi sebagai hub untuk game, yang telah menjadi titik pertikaian dengan layanan cloud gaming seperti Xbox Cloud Gaming, Nvidia GeForce Now, dan Google Stadia.



Layanan cloud gaming hanya dapat menyiasatinya dengan menawarkan game mereka melalui aplikasi web, seperti yang telah dilakukan Facebook.

Menurut laporan dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman, Netflix akan sulit untuk di sekitar aturan Apple dengan membuat gamenya tersedia melalui App Store.

"Apple perlu mengubah aturannya atau memberikan pengecualian kepada Netflix ," kata Gurman, dikutip dari The Verge, Selasa (9/11/2021).

Ini berarti game tidak dapat diunduh atau dimainkan dari aplikasi Netflix. Mereka hanya dapat meluncurkannya di iOS saja.



Layanan saat ini baru berfungsi di Android. Game-game tersebut dikemas dalam tab khusus di aplikasi Netflix, tapi juga dapat diunduh satu per satu dari Google Play Store.

Meskipun pengaturan ini baik-baik saja, tapi itu tidak ideal untuk layanan game all-in-one. Pengguna harus dapat mengunduh dan memainkan game dari dalam layanan itu sendiri.

Itu sebabnya Gurman memprediksi bahwa Netflix pada akhirnya akan membawa game-nya ke cloud. Sekali lagi, ini akan berfungsi dengan baik untuk Android, tetapi kebijakan Apple membuat permainan cloud hampir tidak mungkin berkembang.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5483 seconds (0.1#10.140)