Anggaran Mahal Tidak Jamin Data Perusahaan Tidak Bisa Bocor

Senin, 01 November 2021 - 13:03 WIB
loading...
A A A
Server Cloud vs Server Lokal
Alfons mengatakan, banyak orang yang beranggapan jika data yang di simpan di jaringan awan lebih rentan dibanding data di jaringan lokal. ”Pandangan seperti ini yang harus diluruskan. Sebab keamanan data tidak ditentukan oleh lokasi penyimpanan data dan sifat data itu maya, berbeda dengan aset fisik seperti motor atau pasangan Anda yang jika Anda bisa lihat maka akan lebih aman dibanding tidak terlihat,” ujarnya.

Yang menentukan keamanan data, menurut Alfons adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi data itu sendiri seperti penerapan kredensial yang baik dan benar, pengamanan server sesuai standar pengamanan, implementasi OTP One Time Password untuk menjaga kredensial dari pencurian.

Mengelola server fisik yang terhubung ke internet justru lebih rumit dan rentan dibanding menggunakan layanan server cloud. ”Sebab, pengelolanya harus tahu cara mengamankan server fisik tersebut dari ancaman peretasan,” ujarnya.


Sebaliknya, pengguna server cloud tetap bisa menggunakan sumberdaya yang dibutuhkan dan hanya membayar sesuai sumber daya yang digunakan tanpa perlu pusing dengan biaya listrik, OS server, mati lampu dan pengamanan server fisik cloud itu sendiri.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)