Banyak yang Belum Terima Peringatan, Jangan Kaget kalau 53 Ponsel Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 07:00 WIB
loading...
Banyak yang Belum Terima Peringatan, Jangan Kaget kalau 53 Ponsel Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp
Per 1 November 2021 nanti sebanyak 53 ponsel yang masih didukung sofwatre lawas tidak akan bisa menggunakan WhatsApp. Foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - WhatsApp mengumumkan akan menyetop dukungan untuk handphone (HP) yang menggunakan sistem operasi Android dan iOS lawas per 1 November 2021 nanti. Total ada 53 ponsel yang tidak akan lagi bisa menggunakan aplikasi pesan instan paling populer itu.

Uniknya banyak pengguna yang justru belum menerima langsung peringatan penyetopan dukungan itu. WhatsApp sama sekali tidak mengirimkan peringatan atau informasi bahwa perangkat yang mereka punya tidak mendukung aplikasi pesan instan buatan Menlo Park, Amerika Serikat itu. Diketahui WhatsApp memang hanya mengumumkan penghentian dukungan itu melalui platform sosial media.

"Saya baru tahu dari berita-berita di internet saja kalau ponsel saya tidak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp. Tidak ada peringatan yang dikirim sama WhatsApp dan fungsinya masih normal-normal saja," ujar Herdi Muherdi, karyawan swasta yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat itu.



Dia menduga aplikasi WhatsApp di ponselnya secara otomatis akan tidak aktif apabila tanggal 1 November 2021 tiba. Kemungkinan setelah tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi dia akan mengganti hapenya dengan model lain. "Nanti mau tidak mau harus ganti handphone," ujarnya.

Hal yang sama dirasakan oleh Verawati, yang juga warga Bekasi, Jawa Barat. Verawati yang juga pemilik iPhone 6 S tidak merasakan ada hal yang aneh menjelang tanggal 1 November 2021. Menurutnya semua berjalan normal seperti menggunakan WhatsApp di ponsel lain. "Masih normal semuanya dan memang belum ada peringatan," ucapnya.

Banyak yang Belum Terima Peringatan, Jangan Kaget kalau 53 Ponsel Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp


Dia mengaku tidak bisa berharap banyak apabila fitur WhatsApp di ponsel miliknya tidak aktif lagi. Namun dia merasa yakin ponselnya masih bisa menjalankan WhatsApp karena didukung dengan iOS 11.4. Dia mengaku sudah memperbarui iOS iPhone 6 S miliknya 2 tahun lalu. WhatsApp memang hanya menonaktifkan layanan mereka terhadap Android 4.0.4 dan iOS 9.

"iPhone 6 S saya masih bisa upgrade iOS sampai ke iOS 11. Katanya bisa sampai 15 juga. Saya pernah coba tapi tidak bisa-bisa juga sih," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)