OPPO Akan Bikin Chipset Sendiri Khusus Ponsel Premium

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 22:10 WIB
loading...
OPPO Akan Bikin Chipset Sendiri Khusus Ponsel Premium
OPPO akan segera mengikuti jejak Samsung, Huawei, Apple, dan Google sebagai perusahaan yang membuat ponsel dan chip. Foto: ist
BEIJING - Produsen smartphone asal China, OPPO, dikabarkan tengah mengembangkan chip untuk handset premiumnya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan kendali atas komponen inti dari smartphone itu serta mengurangi ketergantungan pada pemasok semikonduktor asing seperti Qualcomm dan MediaTek.

BACA JUGA: 5 Fitur Rahasia Xiaomi Redmi 10 yang Bikin Performa Meningkat

Seperti diketahui, saat ini dunia sedang mengalami kelangkaan chip yang membuat pabrikan ponsel kelabakan.



Menurut laporan Nikkei Asia, OPPO berencana menggunakan sistem mobile-on-a-chip (SoC) sendiri di ponsel yang akan keluar pada 2023 atau 2024 mendatang, tergantung pada kecepatan pengembangannya.

Dengan demikian, OPPO bergabung bersama vendor lain yang sudah lebih dulu mengembangkan prosesor sendiri termasuk Apple dengan Apple Silicon, Samsung lewat Exynos dan Huawei dengan Kirin, serta Google lewat Tensor.

OPPO disebut langsung loncat untuk mengembangkan chip 3-nanometer (chip terbaik sekarang 5 nanometer) yang ditawarkan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., pembuat chip terbesar di dunia.

Menurut sumber, OPPO benar-benar total dalam mengembangkan chip ponsel kelas atas yang mampu bersaing dengan pengembang semikonduktor top dunia.

BACA JUGA: Hapus Segera dari HP Anda, Ini Daftar 25 Aplikasi Android Berbahaya 2021!

Mengembangkan chip sendiri dapat meningkatkan kontrol rantai pasokan dan setidaknya mengatasi kekurangan dan gangguan chip yang kini terjadi. Meski demikian, sangat sulit dilakukan. Karena itu tidak semua perusahaan ingin mengembangkan chip sendiri.
(dan)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE