Jajaran Smartphone dengan Pengisian Baterai Nirkabel Tercepat

Rabu, 03 Juni 2020 - 16:50 WIB
loading...
Jajaran Smartphone dengan Pengisian Baterai Nirkabel Tercepat
Teknologi pengisian cepat nirkabel terus berkembang dan sekarang banyak pabrikan smartphone yang mengadopsi untuk ponsel cerdas flagship-nya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Pengisian nirkabel untuk ponsel telah ada selama beberapa tahun terakhir, tapi baru teradopsi secara massal di handphone flagship . (Baca juga: Asyik, Huawei P40 Pro Plus Mulai Dijual Tanggal 6 Juni 2020 )

Teknologinya telah berkembang dan kita melihat pengisi daya nirkabel sangat cepat. Bahkan seringkali mampu mengisi daya beberapa ponsel lebih cepat daripada banyak ponsel yang mengisi daya dengan kabel tradisional.

Dilansir dari situs Phone Arena, kami akan menginformasikan kepada Anda ponsel paling populer dengan dukungan pengisian nirkabel dan perbedaan dalam kecepatan pengisiannya. Sebab teknologi di balik pengisian daya nirkabel dan solusinya berbeda dari masing-masing perusahaan.

Huawei dan Oppo saat ini menyediakan pengisian nirkabel tercepat untuk ponselnya. Kedua perusahaan mendukung pengisi daya nirkabel yang memberikan daya hingga 40W. Melalui teknologi tersebut, mereka mengklaim dapat mengisi ulang ponsel yang kompatibel dalam waktu kurang dari satu jam.
Jajaran Smartphone dengan Pengisian Baterai Nirkabel Tercepat


Pengisian Nirkabel iPhone
Apple memperkenalkan pengisian nirkabel pada iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8 pada akhir 2017. Setelah mulai mendukung pengisian nirkabel, kini Apple membawanya ke semua ponsel yang telah dirilis sejak saat itu.

Pada awalnya, pengisian nirkabel hanya dimungkinkan pada kecepatan lambat 5W. Tapi dengan dirilisnya iOS 13.1 pada September 2019, Apple membuka kunci kecepatan pengisian 7,5W untuk semua modelnya.

Dalam praktinya memang jauh lebih lambat daripada sebelumnya, tapi beberapa melihatnya secara positif. Karena pengisian dayanya tidak merusak baterai mengingat pada tingkat ini ponsel tidak memanas saat dicas. Sedangkan pengisi daya yang disarankan untuk iPhone ialah pengisi daya nirkabel Samsung

Pengisian Nirkabel Samsung Galaxy
Samsung juga telah mendukung pengisian nirkabel untuk waktu yang lama. Seri Galaxy S6 yang dirilis pada 2015 adalah flagship Samsung pertama yang datang dengan koil pengisian nirkabel.

Teknologi ini telah berkembang seiring waktu dan handphone Samsung terbaru mendukung pengisian nirkabel setinggi 15W. Dan pengisi daya yang disarankan untuk ponsel Samsung adalah charger nirkabel 15W (EP-N5200TBEGGB).

Pengisian Nirkabel Google Pixel
Seri Google Pixel telah menambahkan dukungan pengisian nirkabel dengan seri Pixel 3. Fitur ini juga tersedia pada seri Pixel 4.

Untuk menggunakan kecepatan pengisian nirkabel maksimum 10W, pengguna harus membeli Google Pixel Stand seharga Rp1,2 juta. Ini adalah salah satu solusi pengisian nirkabel termahal di industri, tapi perangkat dilengkapi dengan kabel yang dapat dilepas dan adaptor dinding 18W.

Menariknya, jika Anda menggunakan Pixel dengan pengisi daya pihak ketiga, Anda tidak akan bisa mendapatkan kecepatan pengisian nirkabel 10W. Handphone akan mengisi daya lebih lambat dari seharusnya. Karena itu, pengisi daya yang disarankan untuk ponsel Google Pixel, yakni 10W Google Pixel Stand.

Pengisian Nirkabel LG
LG adalah salah satu perusahaan pertama yang memasukkan pengisian nirkabel pada smartphone-nya. Hal ini sudah berjalan sejak 2013 dengan LG G2.

Baru-baru ini, ponsel andalan dalam seri LG G dan seri LG V semuanya mendukung pengisian nirkabel melalui standar Qi. Sementara LG memperkenalkan ponsel seperti V30 yang mendukung charger nirkabel cepat 5W.

Dimulai dengan LG V40, kecepatan pengisian nirkabel yang lebih cepat dimungkinkan, handphone terbaru seperti LG V60 ThinQ mendukung kecepatan pengisian nirkabel 15W.

LG tidak membuat charger nirkabel resmi, salah satu charger pihak ketiga yang direkomendasikan adalah Samsung 15W Wireless Charging Stand.

Pengisian Nirkabel OnePlus
OnePlus baru membenamkan teknologi pengisian nirkabel pada OnePlus 8 Pro. Unit menggunakan pengisi daya nirkabel hingga 30W, jauh lebih cepat daripada kebanyakan telepon lain di pasaran.

Ini memberikan daya baterai penuh dalam waktu hanya 1,5 jam. Sedangkan dalam waktu 30 menit memberi handphone kapasitas hampir 50% dari baterai.

Ada beberapa detail menarik yang juga harus Anda ketahui tentang teknologinya:
- Jika mengisi daya telepon di malam hari, mode Tidur akan diaktifkan secara default dan saat diaktifkan, daya turun hingga 10 watt.
- Kecepatan yang lebih lambat kemungkinan digunakan untuk melindungi kesehatan baterai dalam jangka panjang.
- Pengisi daya nirkabel OnePlus dapat mengisi daya ponsel meskipun melalui case-nya setebal 8 mm.
- Pengisi daya memiliki kipas dan OnePlus memperingatkan bahwa normal memiliki sedikit gangguan saat digunakan.

Meskipun kami menghargai kecepatan, pengisi daya ini paling baik digunakan pada ponsel OnePlus. Teknologinya mendukung standar nirkabel Qi, tapi hanya pada kecepatan 5W, jauh lebih lambat dari kebanyakan pengisi daya lain di pasar.

Kelemahan lain dari pengisi daya ini adalah perangkat dilengkapi dengan kabel yang tidak dapat dilepas. Jadi Anda harus selalu membawanya dengan pengisi dayanya sendiri. Pengisi daya yang disarankan untuk OnePlus adalah Warp Charge 30.

Pengisian Nirkabel Huawei
Huawei telah melengkapi handphone terbarunya dengan pengisian nirkabel. Raksasa manufaktur China itu merupakan pemimpin industri dalam kecepatan pengisian.

Baru-baru ini, Huawei telah membuat pengisi daya nirkabel 40W. Charger tersebut bisa digunakan untuk Huawei P40 Pro dan P40 Pro Plus. Pengisi daya nirkabel yang disarankan untuk ponsel Huawei ialah dudukan pengisian nirkabel SuperCharge.

Pengisian Nirkabel Xiaomi
Xiaomi telah menghasilkan charger nirkabel cepat 30W yang menjadikannya sebagai salah satu charger nirkabel tercepat di dunia.

Pada saat penulisan ini, charger ini kompatibel dengan flagship Xiaomi, Mi 10 Pro. Xiaomi juga menyebutkan mereka sedang menguji teknologi pengisian nirkabel 40W.

Pengisian Nirkabel Oppo
Oppo Reno Ace merupakan ponsel pertama yang mendukung pengisi daya kabel 65W. Teknologinya dilengkapi dengan pengisian nirkabel yang sangat cepat.

Pengisi daya nirkabelnya yang bernama AirVOOC 40W didesain mendatar, sehingga ponsel harus diletakkan secara horizontal untuk mengisi ulang. Pengisi daya nirkabel dilengkapi dengan kipas yang mendinginkannya melalui lubang samping yang tersembunyi dan membantu menurunkan suhu di bawah 39 derajat C saat mengisi baterai ponsel.

Oppo mengatakan, pengisi daya akan mengisi penuh baterai Reno Ace dalam waktu kurang dari satu jam. Ini juga kompatibel dengan Qi dan memberikan daya hingga 10W bila digunakan dengan handphone yang kompatibel dengan Qi lainnya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3849 seconds (0.1#10.140)