Google Hapus Iklan Aplikasi untuk Memata-Matai Suami atau Pasangan

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 23:34 WIB
loading...
Google Hapus Iklan Aplikasi untuk Memata-Matai Suami atau Pasangan
Google telah menarik sejumlah iklan penguntit yang dinilai melanggar kebijakan perusahaan. Foto: ist
A A A
CALIFORNIA - Google telah menarik sejumlah iklan penguntit yang dinilai melanggar kebijakan perusahaan dengan mempromosikan aplikasi yang mendorong calon pengguna untuk memata-matai ponsel pasangan mereka.



Aplikasi spyware ini sering dipasarkan kepada orang tua yang ingin memantau panggilan, pesan, aplikasi, foto dan lokasi anak mereka. Namun, aplikasi tersebut sering dirancang untuk dipasang secara diam-diam, tanpa persetujuan pemilik perangkat.

“Kami tidak mengizinkan iklan yang mempromosikan spyware untuk pengawasan pengguna,” kata juru bicara Google, dikutip dari TechCrunch, Sabtu (16/19).

”Kami segera menghapus iklan yang melanggar kebijakan ini dan akan terus melacak perilaku yang muncul untuk mencegah pelaku jahat mencoba menghindari sistem deteksi kami,” imbuhnya.

Meningkatnya penggunaan apa yang disebut stalkerware atau coupleware ini memang menjadi perhatian serius dari seluruh industri dalam beberapa tahun terakhir untuk memerangi penyebaran aplikasi pemantauan telepon.

Pembuat antivirus juga telah bekerja untuk mendeteksi penguntit dan otoritas federal mengambil tindakan terhadap pembuat spyware yang semakin mengekspos korban mereka terhadap ancaman keamanan.



Agustus lalu, Google melarang iklan di hasil pencarian pengguna yang mempromosikan aplikasi yang dirancang dengan tujuan untuk melacak atau memantau orang lain atau aktivitas mereka tanpa izin mereka.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4387 seconds (0.1#10.140)