Badai Matahari Paksa Industri Internet, Listrik, dan Penerbangan Siaga Satu

Selasa, 12 Oktober 2021 - 18:33 WIB
loading...
Badai Matahari Paksa Industri Internet, Listrik, dan Penerbangan Siaga Satu
NOAA sebut badai matahari diperkirakan akan mencapai Bumi sekitar pukul 12 tengah malam nanti. FOTO/ IST
LONDON - Badai matahari yang akan menghantam bumi malam ini diperkirakan akan menyebabkan ganguan internet, listrik, dan penerbangan.

Gangguan pada magnetosfer bumi yang disebabkan badai geomagnetik diperkirakan terjadi hari ini menyusul erupsi masif medan magnet dan plasma dari korona matahari. BACA JUGA - NOAA Sebut Badai Matahari Akan Hantam Bumi Malam Ini

Kantor Meteorologi Inggris dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (NOAA), fenomena tersebut diperkirakan akan mencapai bumi sekitar pukul 12 tengah malam nanti (11/11/2021).

Seperti dilansir dari The Sun Selasa (12/10/2021), bahkan Pusat Peramalan Luar Angkasa National Meteorological Service (SWPC) di Amerika Serikat memastikan badai dapat mempengaruhi jaringan listrik dan transformator, mengganggu satelit dan mengganggu komunikasi radio.

Sebuah pernyataan di situs website SWPC menyatakan bahwa fenomena yang dikenal sebagai Corona Mass Ejection (CME) diperkirakan akan mencapai bumi dalam hitungan jam hari ini.



CME, juga menjelaskan badai geomagnetik terjadi di bumi pada skala 1 hingga 5 di mana 1 adalah yang terlemah dan 5 yang paling berpotensi menyebabkan kerusakan.

Associate Professor dari Institute of Disaster Risk and Reduction, Dr. Robert Wicks mengatakan badai geomagnetik dapat menyebabkan gangguan pasokan listrik.

"Jika ada badai geomagnetik yang cukup besar untuk memutus pasokan energi di Inggris, itu berarti radiasi di luar angkasa sangat buruk. Hal ini akan menyebabkan satelit rusak atau tidak dapat beroperasi dalam jangka waktu tertentu dimana komunikasi satelit, GPS dan prakiraan cuaca akan berisiko terpengaruh," katanya.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE