Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Untuk mengatasinya, orang tua harus mencoba memberikan hal baru seperti bermain musik, berolahraga, atau membaca buku kepada anaknya. Dengan mencoba hal baru seperti itu, anak-anak akan mendapatkan hal positif yang lebih baik.



3. Pindahkan Perangkat Game di Luar Kamar Tidur

Menjauhkan perangkat game dari jangkauan anak merupakan salah satu tips untuk mencegah kecanduan ini. Pasalnya ketika anak-anak memiliki waktu luang beristirahat tentu perangkat yang paling dahulu dicari adalah gadget.

Karena itu jauhkanlah perangkat game, mulai dari pc, konsol game, hinga gadget dari kamar anak-anak. Biasakanlah untuk menjauhkan smartphone dari kamar tidur.

4. Menjalani Psikoterapi

Ketika tiga cara di atas belum mampu untuk mengatasi rasa kecanduan game online terhadap anak, segera bawa ke psikolog untuk mengobatinya. Nantinya, dokter psikologi akan memberikan terapi-terapi khusus berupa cognitive behavioral therapy.

Peran psikolog diperlukan mengingat gangguan yang dialami oleh pecandu game online adalah kesehatan mental, karena telah mengganggu waktu istirahat, sekolah, dan aktivitas lainnya. (Mg 04)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)