Bikin Dunia Melongo, Jepang Kenalkan Teknologi yang Bisa Merekam Mimpi

Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:20 WIB
loading...
Bikin Dunia Melongo, Jepang Kenalkan Teknologi yang Bisa Merekam Mimpi
Ilmuan di Jepang telah sukses membuat teknologi perekam mimpi dengan mesin MRI yang bisa merekam dan merekontruksi mimpi kalian. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Kini mimpi tak bisa lagi dibilang bunga tidur, sebuah project ilmiah yang dianggap tidak masuk akal untuk merekam sebuah mimpi dalam tidur seseorang kembali terbantahkan.

Ilmuan di Jepang telah sukses membuat teknologi perekam mimpi dengan mesin MRI yang bisa merekam dan merekontruksi mimpi kalian.

Jika kalian terbangun maka memungkinkan untuk menonton siaran ulang mimpi kalian di layar tanpa perlu khawatir akan melupakan apa yang kamu mimpikan saat tidur.

Seperti dilansir dari Unilad Selasa (5/10/2021), teknologi ini mengukur aktivitas otak saat sedang tidur. Data ini kemudian dimasukkan ke dalam algoritme yang merekonstruksi mimpi sehingga dapat diputar ulang untuk disaksikan kembali saat sudah bangun.

Teknologi ini memvisualisasikan jenis objek tertentu dalam pikiranmu, yang mana otak akan menghasilkan pola saraf yang konsisten dan kemudian dapat dikorelasikan dengan apa yang divisualisasikan.

Sebagai contoh, ketika kamu membayangkan sebuah motor, otak akan bekerja dalam pola yang muncul setiap kali motor divisualisasikan. Algoritme kemudian digunakan untuk mengikat data dari pemindaian otak ke gambar berkorelasi yang sesuai.

Peneliti mengungkapkan bahwa penelitiannya masih belum sempurna, yang mana teknologi ini baru bisa mendapatkan mimpi dengan benar sekitar 60 persen sepanjang waktu. Namun hal ini sangat perlu diapresiasi karena menjadi pintu awal untuk pembuatan teknologi yang lebih mutakhir terkait dengan alat perekam mimpi.

Terdapat beberapa tahapan dalam pengembangan teknologi alat perekam mimpi ini, pertama melakukan uji coba melalui proses scanning para volunteer yang diharuskan menatap gambar diam berbeda warna.

Disaat proses tersebut berjalan maka perekam mimpi tersebut meniru unsur huruf dan gambar yang terlihat oleh para volunteer, meskipun masih terlihat samar namun visual di layar monitor terbentuk, mirip dengan hipnotis.

Berikutnya melakukan penelitian terkait cara visualisasi gambar dalam pikiran orang, dan inilah yang telah dilakukan dan menjadi alat perekam mimp i pertama.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)