Akankah Honor Bernasib Sama seperti Huawei?

Rabu, 22 September 2021 - 13:00 WIB
loading...
Akankah Honor Bernasib Sama seperti Huawei?
Nasib smartphone Honor di Amerika Serikat kini tengah menunggu kepastian pemangku kepentingan di negara itu. Foto/IST
JAKARTA - Badan pemerintahan di Amerika Serikat tengah bimbang menentukan nasib produsen smartphone China, Honor. Mereka gamang apakah akan memasukkan Honor ke dalam daftar hitam seperti yang dialami Huawei di Amerika Serikat.

Menurut The Post, pejabat tinggi di Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Energi, dan Pentagon, telah bertemu minggu lalu untuk memutuskan apakah akan menempatkan pabrikan ponsel pintar itu dalam daftar entitas AS. Di satu sisi, Pentagon dan Kementerian Energi mendukung menempatkan Honor dalam daftar hitam.

Baca juga : Keren, Audi Gaet Ken Block di Proyek Mobil Listrik Performa Tinggi

Sementara pejabat Kementerian Perdagangan dan Luar Negeri menentang gagasan tersebut, demikian dikutip dari The Verge, Rabu (22/9/2021) Tekanan untuk memberi perlakuan yang sama terhadap Honor juga datang dari pihak Republican. Mereka menekan Pemerintahan Joe Biden untuk terus menahan pertumbuhan China sebagai ancaman kompetisi di industri teknologi.



Seperti Huawei, jika masuk daftar hitam, Honor tidak akan dapat menerima ekspor teknologi AS tanpa lisensi. Huawei sendiri meluncurkan Honor di China ntuk bersaing dengan perusahaan smartphone populer lainnya seperti Xiaomi.

Baca juga : Yamaha MX King 150 Tampil dengan Livery 6 Dekade Yamaha di Balapan Motor Dunia

Butuh waktu tiga tahun untuk Huawei akhirnya mengumumkan ponsel Honor 8 akan tersedia di AS – sebuah tes pasar untuk melihat apakah perusahaan dapat membawa popularitas China ke luar negeri. Namun kini Honor dilepas agar tak terkena dampak dari berbagai pemblokiran yang dilakukan Pemerintah AS terhadap Huawei. Baru-baru ini Honor merilis ponsel flagship pertamanya setelah dilepas oleh Huawei, yaitu Honor Magic 3.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE