Pandemi Dorong Percepatan Rencana Digitalisasi Perusahaan

Selasa, 21 September 2021 - 10:12 WIB
loading...
Pandemi Dorong Percepatan Rencana Digitalisasi Perusahaan
Masa pandemi mendorong banyak perusahaan untuk menggelar digitalisasi . FOTO/ IST
JAKARTA - Masa pandemi mendorong banyak perusahaan untuk menggelar digitalisasi lebih cepat dari perencanaan sebelumnya. Untuk memperkuat pengalaman digitalisasi, diadakan konferensi tahunan pertama secara virtual yakni Conversa 2021 bertema Embracing Business Agility.

Konferensi ini diadakan oleh Qiscus, penyedia platform Multichannel Chat bisnis, dengan harapan dapat menjadi medium untuk sharing, exploring, dan collaborating bagi bisnis dan penggiat teknologi. BACA JUGA - Atur Rencana Liburan Keluarga dari Rumah untuk Dukung Transisi Pandemi ke Endemi

Pembahasan dalam event ini akan menitikberatkan pada Customer Experience (CX) pengalaman pelanggan, kolaborasi dan otomatisasi. Ketiga poin utama ini dibahas secara tuntas melalui beragam rangkaian acara dengan topik utama seperti Leveraging on Technology in a ‘VUCA’ World, How Covid-19 Shifted Customer Expectations, Organizing Agility in A Business, Leveraging Automation to Answer the New Customer Expectation, dan lainnya.

“Kami sangat antusias dengan penyelenggaraan event ini. Melalui Conversa 2021, Qiscus ingin memberikan kesempatan diskusi untuk mengembangkan strategi dan cara pengaplikasian yang tepat bagi praktisi serta para pelaku bisnis untuk bersama-sama melakukan transformasi digital dan menciptakan pengalaman pelanggan yang terbaik,” kata Delta Purna Widyangga, CEO dan Co-Founder Qiscus, Minggu (20/9/2021).



Pandemi telah membawa dampak besar bagi berbagai bisnis di Indonesia. Salah satunya memicu akselerasi proses transformasi digital yang menyebabkan pergeseran perilaku konsumen dalam waktu sangat singkat.

Menurut laporan Mckinsey, pembelian produk secara online mengalami peningkatan sebesar 60% sejak masa pandemi hingga kuartal-4 2020. Sementara mayoritas konsumen di Indonesia (60%) menyebutkan value dan kenyamanan sebagai prioritas utama yang mendorong mereka berbelanja merek baru.

"Data ini mengindikasikan pentingnya menghadirkan pengalaman pelanggan yang sesuai ekspektasi konsumen untuk meningkatkan kontribusi saluran digital terhadap sales," ujarnya.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berupaya melakukan akselerasi transformasi digital, dengan menyiapkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Transformasi digital i ni merupakan fokus utama yang perlu dilakukan mengingat kebiasaan masyarakat dan konsumen yang cenderung bergeser ke arah digital.

Qiscus akan menggandeng berbagai praktisi yang andal pada bidangnya dari perusahaan-perusahaan ternama. Antara lain, WhatsApp, Microsoft, Telkomsel, SMI, Vonage, Modena, Morula IVF, Kata.AI, dan lainnya.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE